UP Wujudkan Pengabdian Masyarakat dengan Wadahi Bakat Olahraga Warga

Rabu, 18 September 2024 - 18:39 WIB
Foto: Doc. Istimewa
JAKARTA - Dalam upaya mendorong pengembangan bakat olahraga di Desa Sukagalih, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Program Studi Teknik Sipil Universitas Pancasila meng-inisiasi terbentuknya wadah untuk mengembangkan bakat olahragawarga terutama pemuda.

Sebagai awalan, dilakukan pertemuan denganberbagai stakeholder di antaranya Camat Jonggol, perangkat Desa Sukagalih, dan Karang Taruna setempat pada 27 Agustus 2024 di Kantor Camat Jonggol. Tim PkM diwakili oleh Wita Meutia, Rini Trisno Lestari serta Prima Jiwa Osly yang bertindak sebagai penghubung antara Tim PkM dengan Karang Taruna.

Pertemuan tersebutmenjadi langkah awal dalam pembentukan tim sepak bola di desa tersebut. Fokus pertemuan ini adalah merencanakan dan merumuskan langkah strategis untuk pengembangan bakat olahraga mulai dari usia muda dengan melibatkan karang taruna sebagai pembina dan penanggung jawab tim sepakbola usia muda yang dibentuk.



Hasil dari pertemuan ini adalah terbentuknya struktur organisasi sepak bola yang berada di bawah naungan Karang Taruna Desa Sukagalih. Selain itu, tim sepak bola desa resmi diberi nama "Galuh Muda Sukagalih" yang diharapkan dapat menjadi wadah pengembangan potensi para pemuda di bidang olahraga, khususnya sepak bola.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas, satu pemuda desa akan diikutsertakan dalam program pelatihan kepelatihan lisensi D, sehingga dapat memperkuat tim baik secara taktik maupun strategi. Diharapkan nantinya Tim sepak bola Galuh Muda Sukagalih yang akan terbentuk siap untuk mulai berlatih dan berpartisipasi dalam kompetisi-kompetisi lokal. "Kami berharap, dengan terbentuknya tim Galuh Muda Sukagalih, para pemuda di desa ini memiliki wadah untuk mengembangkan bakat olahraga mereka dan membawa nama baik desa di tingkat kecamatan maupun kabupaten," ujar Wakil Ketua Karang Taruna Desa Sukagalih.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan potensi olahraga di Desa Sukagalih, serta mempererat kerjasama antara pihak akademisi, pemerintah setempat, dan komunitas desa. Dukungan penuh dari masyarakat diharapkan untuk menjadikan Galuh Muda Sukagalih sebagai tim sepak bola yang solid dan berprestasi.
(unt)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More