Boleh Dicoba, Ini Cara Mudah Mengatur Jadwal Belajar Efektif di Semester Baru

Rabu, 11 Agustus 2021 - 12:55 WIB
Sebagian dari kamu mungkin sering mengerjakan tugas pada waktu belajar kan. Mulai dari sekarang, usahakan untuk memisahkan waktu mengerjakan tugas dengan waktu belajar ya. Kenapa begitu? Karena jadwal belajar rutin yang kamu tetapkan, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran yang ingin dikuasai, bukan untuk menyelesaikan tugas sekolah.

Jadi, agar lebih fokus, pisahkanlah waktu untuk mengerjakan tugas sekolah dengan jadwal belajar harian. Misalnya, kamu menetapkan jadwal belajar harian pada sore hari, kamu bisa mengerjakan tugas pada malam harinya.

Merancang To Do List

Sudah tahu kan apa itu To Do List? Ya, betul sekali, to do list adalah cara untuk menentukan prioritas kegiatan. Kamu bisa memanfaatkan to do list untuk mencantumkan jadwal dan daftar materi pelajaran yang ingin kamu kuasai. Kamu juga bisa membuat prioritas tugas yang harus dikerjakan.

Jika kamu pernah mengikuti aplikasi belajar online, kamu tentu terbiasa dengan to do list materi pelajaran yang dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa kan? Nah, kamu bisa mempraktekkan cara tersebut untuk merancang to do list versi-mu sendiri. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah menentukan prioritas kegiatan yang harus dilakukan, sehingga waktu belajarmu akan lebih optimal dan efisien.

Menentukan Tujuan dan Target Belajar

Poin ini mungkin menjadi hal yang paling sulit untuk dilakukan, karena menentukan tujuan dan terget belajar memerlukan komitmen yang kuat dan konsistensi. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menerapkan dua cara ini:

Yang pertama, buatlah gambaran umum tentang tugas atau materi pelajaran yang sedang kamu pelajari. Kamu bisa melihatnya di daftar isi buku pelajaran. Selanjutnya, tentukan materi apa saja yang ingin kamu kuasai sesuai target yang kamu tentukan, misalnya dalam waktu seminggu, dua minggu atau satu bulan.

Yang kedua, selain menentukan target dari materi pelajaran, kamu juga bisa merancang pemetaan singkat dari konsep materi yang sedang kamu pelajari. Cara ini berfungsi untuk memudahkan kamu dalam mengukur tingkat pemahaman konsep materi pelajaran. Ingat, konsep ya, bukan menghafal seluruh materi. Jika menguasai konsepnya, kamu akan lebih mudah memahami materi pelajaran yang ingin kamu kuasai.

Gunakan Metode Belajar yang Tepat
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More