Workshop Literasi Digital Kemenkominfo Bahas 6 Cara Tepat Tangkal Hoaks

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:29 WIB
4. Saring sebelum sharing

5. Ikuti situs anti hoax (https://turnbackhoax.id/ atau https://aduankonten.kominfo.go.id )

6. Jangan berhenti menyebarkan informasi mengenai cara menangkal hoaks.

Baca juga: Kapan ANBK 2022 Jenjang SD Dimulai? Catat Ya Tanggal Pentingnya



Sejalan dengan materi yang disampaikan oleh Tuteh, Tokoh Pendidikan Ende Ferdinandus Lidang mengingatkan peserta untuk selalu menjaga keamanan akun media sosial saat beraktivitas secara digital. “Hati-hati mengklik tautan di media sosial, karena dapat mengakibatkan akun kita diakses dan kita dapat menjadi korban hoaks,” imbuhnya.

Sesi terakhir diisi oleh Indriyatno Banyumurti selaku pegiat literasi digital yang mengungkapkan fakta masih banyak masyarakat Indonesia yang masih belum siap dalam menghadapi era digital, terutama dalam hal etika.

“210 juta orang Indonesia telah terkoneksi dengan internet dan sepertiga dari hidup orang Indonesia ada di dunia digital. Tapi, ternyata masyarakat Indonesia masih menempati peringkat terbawah, sebagai netizen paling tidak sopan se-Asia Tenggara,"ujarnya.

Dia juga membagikan tools keamanan digital yang dapat dilihat dan diunduh di http://s.id/jagaprivasi dan di http://s.id/cekhoaks. Selain itu, pria yang aktif di ICT Watch ini juga mengajak peserta kegiatan untuk senantiasa cakap, cerdas dan bijak dalam menggunakan media digital.

Sementara itu, workshop yang diadakan di Nagekeo dibuka oleh Kadis Kominfo Nagekeo, Andreas Ndona Corsini yang menuturkan masih banyak masyarakat yang menggunakan media sosial tanpa berpikir bagaimana menjaga sikapnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More