Rekomendasi Jurusan SNBP 2023 jika Nilai Rapor Terbaik Kamu Fisika

Jum'at, 20 Januari 2023 - 08:32 WIB
loading...
A A A
Meskipun ada jurusan Fisika di perguruan tinggi, namun jurusannya terbagi-bagi atas beberapa fokus keilmuan. Yakni jurusan Fisika itu sendiri, kemudian ada Teknik Fisika, Geofisika, Teknik Geofisika, Pendidikan Fisika, Tadris Fisika, dan Tadris IPA konsentrasi Fisika.

Bagi kalian yang suka dengan ilmu murni Fisika maka pilih saja jurusan Fisika yang biasanya ada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Namun bagi yang suka dengan bidang ilmu rekayasa, maka jurusan Teknik Fisika yang ada di Fakultas Teknik bisa menjadi pilihan kalian.

2. Teknik/Rekayasa

Jurusan kuliah di bidang teknik atau rekayasa juga bisa menjadi pilihan bagi anak IPA dan juga para penyuka fisika. Misalnya saja Rekayasa Nanoteknologi, Teknik Pertambangan, Teknik Dirgantara, Teknik Sipil, hingga Teknik Lepas Pantai.

Baca juga: Prof Trias Aditya Kurniawan Muhammad Jadi Guru Besar Pertama Teknik Geodesi UGM

Masih banyak lagi jurusan teknik yang sudah tidak asing lagi anak IPA yang sebagian berkaitan dengan fisika dan sebagian lagi terkait kimia, matematika, dan biologi.

3. Astronomi

Astronomi juga termasuk salah satu jurusan kuliah IPA. Bahkan di Indonesia, jurusan ini termasuk langka karena baru satu yang membuka jurusan ini yakni Institut Teknologi Bandung (ITB).

Astronomi adalah jurusan yang berhubungan dengan Kimia, Matematika, dan Fisika sekaligus. Jadi, meski jurusan ini terbilang langka namun bisa menjadi jurusan yang patut dipertimbangkan bagi para penyuka fisika.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3234 seconds (0.1#10.140)