5 Jurusan Kesehatan Alternatif Selain Kedokteran, Peluang Kerja Menjanjikan

Kamis, 09 Februari 2023 - 15:52 WIB
loading...
A A A
Artinya, sistem kesehatan sebenarnya cukup kompleks – tidak hanya tentang dokter. Nah, pada Jurusan Kesehatan Masyarakat inilah kita belajar tentang kompleksnya persoalan kesehatan. Sehingga alumninya dibutuhkan pada sektor-sektor kesehatan masyarakat seperti dinas kesehatan, BNN, juga BPJS Kesehatan.

5. Ilmu Gizi

Di dunia kesehatan dikenal dengan istilah pencegahan penyakit secara kuratif dan preventif. Lebih jelasnya, kalau Pendidikan Dokter lebih bersifat kuratif, mengobati pasien yang sakit maka Ilmu Gizi dapat bersifat preventif maupun kuratif.

Pada jurusan ini, kita belajar tentang pemenuhan nutrisi dalam keadaan sehat maupun sakit. Kebutuhan nutrisi balita, remaja, ibu menyusui, hingga manula berbeda. Masing-masing memerlukan asupan makanan sehat, sesuai dengan kebutuhannya, agar kesehatannya terjaga dengan baik.

Sementara itu, pasien yang dirawat di rumah sakit juga memerlukan nutrisi yang berbeda agar lekas pulih dari sakitnya. Nah, jurusan ini tak kalah penting dibanding Pendidikan Dokter, bukan?.

Demikian 5 jurusan kuliah alternatif dan populer di bidang kesehatan selain Kedokteran. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3817 seconds (0.1#10.140)