Hari Musik Nasional 2023, Nadiem Imbau Penguatan Ekosistem Musik Indonesia

Kamis, 09 Maret 2023 - 14:00 WIB
loading...
A A A
Pada peringatan Hari Musik Nasional tahun ini, Kemendikbudristek akan menyambangi beberapa daerah untuk memperkenalkan lagu-lagu hasil program Kita Cinta Lagu Anak (KILA) kepada anak-anak Indonesia.

Kegiatan diwujudkan dalam bentuk pentas musik anak, yang akan berlangsung di Semarang, Surabaya, Makassar, dan Medan dengan menghadirkan para pemenang lomba menyanyi lagu anak program KILA tahun 2020 sampai 2022.

Baca juga: Diperingati 8 Maret, Begini Sejarah Perjalanan Hari Perempuan Internasional dari Masa ke Masa

Selain itu, bekerja sama dengan musisi Erwin Gutawa, Kemendikbudristek akan menyelenggarakan “Symphonesia Musik Indonesia: Lintas Era”, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada 9 Maret 2023.

Selanjutnya, akan ada Kegiatan Smusik Indonesia yang digelar di Gedung Stovia, Museum Kebangkitan Nasional, Jakarta Pusat pada 12 Maret 2023 dan Konser Bersratus Kibordis Vokalis di Avenue of The Stars Lippo Mall Kemang, Jakarta pada 18 Maret 2023.

Tidak hanya di Jakarta, pada tahun ini semarak Hari Musik Nasional juga akan berlangsung meriah di Surabaya. Kegiatan bertajuk Gelora Indonesia Raya digelar dengan serangkaian kegiatan lain seperti berziarah ke makam Wage Rudolf Soepratman, Parade Musik anak dan difabel, diskusi Musik Nusantara dengan tema “Musik Membangun Bangsa”, dan ditutup dengan Drama Musikal yang menampilkan beberapa musisi, komunitas, sanggar, serta tim paduan suara.

Masih dalam hal bermusik, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan setiap tahunnya juga konsisten melakukan pembinaan terhadap generasi muda berbakat dari seluruh provinsi di Indonesia untuk menjadi bagian dari Pergelaran Orkestra dan Paduan Suara Gita Bahana Nusantara (GBN).

Gita Bahana Nusantara sendiri hadir sebagai wadah ekspresi seni dan budaya generasi muda yang inklusif dari Sabang sampai Merauke.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid berharap, seluruh rangkaian kegiatan mampu menggelorakan gairah bermusik maupun berkarya musik, serta mendukung dan memperkuat ekosistem musik nasional sehingga musik Indonesia lebih dikenal di kancah musik dunia.

“Melalui momentum hari Musik Nasional, Kemendikbudristek mendorong berbagai inisiatif masyarakat dalam bermusik dan berekspresi sebagai salah satu bentuk pemajuan kebudayaan, serta meningkatkan apresiasi terhadap musik di Indonesia,” pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)