Kiprah Anak Muda dalam Membantu Mengatasi Perubahan Iklim

Sabtu, 01 April 2023 - 08:30 WIB
loading...
A A A
Pendiri yang juga CEO Carbon Addons ini mendukung pengurangan emisi karbon dari kegiatan belanja online. Naufal mengatakan, sebanyak 77 persen dari total transaksi online merupakan produk dengan rantai pasok yang panjang. Misalkan produk fashion dan aksesorinya, produk kesehatan dan kecantikan, serta gadget dan aksesorinya.

Menurut Naufal, cara menurunkan emisi karbon dan mengurangi sampah belanja online yang pertama adalah dengan meminimalisir penggunaan kemasan plastik dalam membungkus paket. Kedua, membali barang dalam kemasan besar dan satukan daftar belanjaan dalam satu pembelian.

Ketiga, pakai kembali kemasan plastik setelah dibersihkan. Keempat, pilah sampah plastik untuk didaur ulang. Kelima, pilih jasa pengiriman yang lebih ramah lingkungan. Keenam, kurangi apa yang bisa, offset apa yang tidak bisa.

Istilah offset di sini, kata Naufal, merupakan konsep karbon offsetting, yakni upaya mendanai programprogram yang mampu menurunkan emisi karbon. "Offsetting ini adalah solusi akhir. Kalau sudah mentok dan tidak bisa lagi mengurangi sampah dan emisi dari aktivitas belanja online, baru manfaatkan offsetting," ucapnya.

Apabila menggunakan aplikasi Carbon Addons, maka pengguna akan mengetahui berapa banyak emisi yang dihasilkan dari belanja daring. Di situ juga tertera program pendanaan untuk menurunkan emisi karbon.

Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation Michael Susanto menjelaskan, pihaknya merasa peran serta anak muda makin lama makin penting untuk menjaga bumi dan lingkungan.

Baca juga: 10 Prodi Paling Diminati di Unsoed pada SNBP 2023

Oleh karena itu, pihaknya pun gencar membangun kesadaran tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan kepada generasi muda. "Saat ini kesadaran sosial anak muda semakin tinggi. Maka kami memberikan praktik baik untuk mencapai tujuan-tujuan dari pembangunan berkelanjutan ini," katanya.

Tanoto Foundation juga bermitra dengan universitas-universitas di Indonesia, salah satunya dengan ITB dalam pemberian beasiswa Tanoto.

Dia menuturkan, para penerima beasiswa ini yang tergabung dalam wadah Tanoto Scholar Association membangun komunikasi seperti yang dilakukan Grace dan rekan-rekannya di ITB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)