Ini Perbedaan Signifikan Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta

Selasa, 11 April 2023 - 13:49 WIB
loading...
A A A

3. Fasilitas

Lalu dari segi fasilitas. Sekolah swasta lebih memiliki fasilitas yang lengkap karena biaya yang juga sudah diperhitungkan untuk keperluan fasilitas sekolah. Sementara, sekolah negeri fasilitasnya menyesuaikan dengan biaya yang diberikan oleh pemerintah.

Sebab, pemerintah memiliki standarisasi pembiayaan yang pantas (di luar biaya-biaya yang wajib, pandangan pemerintah sebatas nice to have). Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan yang signifikan dalam segi fasilitas antara sekolah swasta dan sekolah negeri.

4. Jumlah Siswa

Hal ketiga yang terlihat jelas perbedaannya adalah jumlah siswa. Sekolah negeri memiliki siswa yang begitu banyak. Umumnya, satu kelas diisi oleh 25-30 siswa. Bahkan ada beberapa sekolah yang menerapkan sistem shift yang artinya ada siswa yang masuk pagi dan masuk siang. Hal ini dikarenakan banyaknya siswa yang mereka tampung.

Tetapi berbeda dengan sekolah swasta, satu kelasnya hanya berisi 15-20 siswa. Banyak atau sedikitnya siswa yang ditampung tentu akan mempengaruhi proses belajar dan mengajar yang ada di kelas tersebut.

Jumlah siswa yang banyak di satu kelas, akan membuat berkurangnya intensitas guru dalam memberikan pelajaran ke siswanya. Sekolah yang memiliki jumlah siswa yang lebih sedikit maka intensitas guru dalam mengajar dapat terjaga, guru akan lebih mudah menjelaskan satu per satu ke anak muridnya.

5. Pergaulan

Sekolah negeri cenderung memiliki sistem yang sesuai dengan Undang-Undang dan Pancasila. Contohnya dalam hal pergaulan beragama, di sekolah negeri para siswa umumnya terdiri dari beragam agama sehingga membuat siswa belajar mengenai toleransi antar sesama.

Sedangkan sekolah swasta cenderung mengkhususkan ke satu kelompok saja, seperti sekolah Islam ataupun sekolah Kristen dan lainnya. Tentunya hal ini berbeda dengan sekolah negeri.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)