20 Mahasiswa UMN Dapat Beasiswa IISMA ke Kampus Top Dunia, Ini Rahasianya?

Kamis, 11 Mei 2023 - 12:18 WIB
loading...
A A A
Mahasiswa Strategic Communication UMN 2020, Joan Fanny Wijaya menjadi satu dari 20 mahasiswa UMN yang lolos IISMA 2023. Ia berkesempatan studi di Osaka University, Jepang, mulai pertengahan September mendatang.

Fanny setidaknya membeberkan satu hal yang menjadi kunci keberhasilannya di seleksi IISMA 2023, yakni menjadi autentik. Karena itu, ia mengatakan penting untuk mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Mulai dari memahami kelebihan dan kelemahan diri, hingga nilai diri. Hal ini kemudian bisa dielaborasi sesuai dengan visi dan misi IISMA.

“Saat menulis esai, penting untuk mengingat bahwa ini bukan waktunya menyombongkan diri dan segala pencapaian yang diraih. Lebih penting dari itu adalah menjelaskan proses yang telah dilakukan dan bagaimana hal tersebut berdampak pada kehidupanmu,” jelas Fanny.

Senada dengan itu, mempersiapkan diri pun menjadi salah satu upaya terbaik yang bisa dilakukan. Hal ini diungkapkan oleh mahasiswa Teknik Fisika UMN 2020, Nicholas Robert yang juga lolos program IISMA 2023.

Nicholas mengatakan kepercayaan diri akan tumbuh seiring dengan persiapan yang telah dilakukan sebelumnya. Kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan meriset pertanyaan mendasar terkait wawancara IISMA.

“Kemampuan bahasa Inggris penting sekali dalam kasus ini karena tujuanku adalah ke University of British Columbia (UBC) sebagai pilihan pertama, atau University of Waterloo sebagai pilihan kedua, dan keduanya di Kanada,” kata Nicholas.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)