Dikukuhkan Jadi Profesor, Dosen ITS Gagas SPAM Cerdas Solusi Masalah Air Minum

Jum'at, 12 Mei 2023 - 05:30 WIB
loading...
A A A
Nantinya, dana yang diperoleh dari hasil efisiensi dapat dialokasikan sebagai peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Terlepas dari keunggulan SPAM, lanjut Ali, sebelum diterapkan semestinya dilakukan analisis finansial terlebih dahulu.
Pentingnya melakukan analisis kelayakan investasi terlebih dahulu karena SPAM cerdas memerlukan biaya yang cukup besar. Analisis tersebut akan membandingkan total biaya dengan keuntungan yang diperoleh dari penerapan SPAM cerdas.

“Sehingga dapat mewujudkan PDAM sebagai perusahaan yang memproduksi air layak minum langsung dari kran,” tandas suami dari Tiyayah SAg itu.

Baca juga: Seleksi Masuk SD tanpa Calistung, Ini Tanggapan Dosen UMM

Memperkenalkan SPAM cerdas di negara berkembang akan menjadi tantangan tersendiri, terutama pada sumber daya manusia (SDM) dan teknologi yang terbatas.

Implementasi SPAM yang andal merupakan masalah mendesak di negara berkembang yang perlu ditangani dengan mempertimbangkan masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“Oleh karena itu, PDAM harus memiliki rencana strategis dan aksi nyata untuk melayani mayarakat demi kesehatan dan kesejahteraan bangsa,” pesan alumnus ITS tersebut.

Tak hanya membagikan ilmu di kampus, profesor ke-152 ITS ini juga aktif berbagi di laman YouTube. Ali sering membagikan edukasi lingkungan dan dakwah.

Ali memadupadankan lingkungan dalam perspektif Islam, pada beberapa kesempatan mengisi khutbah jamaah dan video dakwah dengan berbagi kecintaan lingkungan dalam perspektif Islam.

“Gelar profesor yang saya dapatkan sekarang merupakan amanah untuk memberi manfaat lebih besar pada masyarakat,” tuturnya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2706 seconds (0.1#10.140)