Tingkatkan Kompetensi, Vokasi UI Berikan Pelatihan Penulisan Ilmiah bagi Guru se-Jabodetabek

Minggu, 28 Mei 2023 - 18:48 WIB
loading...
A A A
Dosen Program Studi Produksi Media sekaligus Editor in Chief Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Nailul Mona, M.I.Kom. yang ikut dalam program pengmas ini menyatakan setiap guru dapat melakukan publikasi ilmiah di jurnal yang disediakan Vokasi UI sesuai dengan bidang masing-masing.

Bagi guru yang baru pertama kali ingin melakukan publikasi ilmiah, Mona menyarankan agar guru mencari tahu tujuan dan lingkup yang ingin ditulis. Kemudian, ia dapat mengikuti template atau selingkung dari masing-masing jurnal. Selanjutnya, ikuti panduan persiapan dari jurnal yang ingin dituju.

Program Pendidikan Vokasi UI memiliki beberapa jurnal ilmiah dari berbagai bidang, yaitu Jurnal Vokasi Indonesia (JVI, https://scholarhub.ui.ac.id/jvi/), Jurnal Sosial Humaniora Terapan (JSHT, https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/), Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT, https://scholarhub.ui.ac.id/jabt/), Jurnal Fisioterapi Terapan Indonesia (JFTI, https://scholarhub.ui.ac.id/jfti/), dan Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies (JITPS, https://scholarhub.ui.ac.id/jitps/).

Melalui kegiatan pengmas ini, para guru SMA/SMK sederajat akan semakin kaya informasi terkait pentingnya menulis karya ilmiah dan berminat untuk mengirimkan serta mempublikasikannya ke jurnal-jurnal ilmiah yang ada di Vokasi UI.

Yogi Setiawan, salah seorang guru dari SMA Hang Tuah 1 Jakarta, menyampaikan, “Saya sangat berterima kasih kepada Vokasi UI yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Banyak hal yang kami terima mengenai cara menulis artikel ilmiah dan publikasinya.”

Kegiatan pengmas ini dimanfaatkan oleh Sekretaris Program Vokasi UI, Dyah Safitri, S.IPI, M.Hum., untuk menyosialisasikan tentang penerimaan mahasiswa baru di Vokasi UI pada tahun 2023. Ia menjelaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru untuk Vokasi UI dapat melalui berbagai jalur.

“Tahun ini, Vokasi UI membuka jalur baru untuk penerimaan mahasiswa baru, yaitu melalui jalur SNBP dan SNBT. Selain itu, jalur penerimaan mahasiswa baru Vokasi UI lainnya adalah PPKB dan SIMAK UI,” ujar Dyah.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)