BRIN dan Pushidrosal Tekankan Pentingnya Riset Kelautan Berbasis Teknologi Terkini

Rabu, 21 Juni 2023 - 21:32 WIB
loading...
A A A
Karena itu, jelas Ahmadi, seminar internasional yang digelar ini memberikan kesempatan sangat penting bagi kita untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan pengembangan kemampuan bidang hydrografi.

"Melalui interaksi dalam seminar ini kita dapat mengembangkan upaya kolektif dan mengekplorasi berbagai terobosan untuk mengatasi berbagai tantangan yang akan datang," tandas Ahmadi.

Lebih dari itu, Ahmadi menyebut betapa pentingnya bagi kita untuk menggarisbawahi, bahwa pada tahun 2021 hingga 2030, oleh PBB ditetapkan sebagai dekade ilmu pengetahuan kelautan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Selaras dengan inisiatif global tersebut, kita dapat memanfaatkan forum ini untuk membangun soliditas sehingga dapat berkontribusi bagi pertumbuhan maritim global secara berkelanjutan. Menganalisa tentang digital twin of the ocean dari berbagai perspektif, mengeksplorasi data, maupun pelayanan data yang diharapkan," papar Ahmadi.

Seminar internasional itu dihadiri Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, hingga Ketua DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga.

Sejumlah tokoh diketahui turut hadir dalam acara tersebut seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Prof. De.Dwikorita Karnawati.

Lainnya, Director of Research and Technology Centre, University of Kiel, Germany Prof. Dr. Roberto Mayerle, Chief Hydrographer Malaysia Rear Admiral Dato' Hanafiah Bin Hassan, serta Asisten Perencanaan dan Anggaran Kepala Staf Angkatan Laut Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)