Tes SMUP Unpad Digelar Online 8 Juli 2023, Dilarang Pakai Kaos Oblong

Kamis, 06 Juli 2023 - 08:19 WIB
loading...
A A A
“Keterlambatan dengan alasan apapun setelah 30 menit sejak tes dimulai mengakibatkan peserta tidak diperbolehkan mengikuti tes,” ujar Imanudin.

Tata Tertib Ujian


Berikutnya, Kartu Tanda Ujian ditunjukan ketika pengambilan foto peserta pada saat peserta melakukan login pada aplikasi ujian. Peserta dilarang mengenakan kaos oblong atau T-shirt.

Setelah itu, peserta harus memastikan webcam yang digunakan selalu aktif saat ujian berlangsung dan dapat mengambil gambar peserta dengan jelas. “Peserta tidak diperbolehkan menggunakan kalkulator, headset/earphone, jam tangan/arloji, kamera, alat komunikasi seperti telepon seluler (selain yang digunakan untuk Zoom), kertas, buku, dan catatan lainnya,” jelasnya.

Imanudin juga menyampaikan bahwa peserta tidak diperbolehkan mengenakan masker dan peserta akan melakukan latihan ujian sesuai dengan waktu yang disediakan sekaligus untuk memastikan bahwa aplikasi sudah dapat digunakan.

Tidak hanya itu, peserta juga diharuskan membaca dengan seksama petunjuk mengerjakan ujian yang sudah tersedia pada aplikasi ujian. Kegagalan peserta dalam mengerjakan ujian akibat tidak membaca petunjuk menjadi resiko peserta dan tidak diberikan kesempatan mengulang maupun tambahan waktu.

Baca juga: 21 Kampus Top Luar Negeri Lengkap dengan Jurusannya yang Menerima Maulana Fatahillah Adzima

Selama ujian berlangsung pun ada beberapa tata tertib yang harus ditaati oleh peserta ujian. Ketika tata tertib ini tidak dipenuhi, tidak dijalankan, atau bahkan dilanggar maka hak peserta itu menjadi gugur. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah peserta hanya mengerjakan soal ujian dan tidak melakukan aktivitas lain selama tes berlangsung.

Selain itu, token ujian akan diinformasikan kepada peserta sesaat sebelum ujian dimulai melalui aplikasi ujian. Selanjutnya, selama ujian berlangsung aktivitas peserta akan direkam melalui kamera yang ada pada perangkat ujian serta aplikasi Zoom pada handphone peserta.

Apabila aktivitas peserta tidak dapat terlihat melalui kamera, pengawas dapat menghentikan ujian dan peserta dianggap telah menyelesaikan ujian. Saat Ujian Peserta menjawab butir soal dengan cara memilih pilihan jawaban pada layar.

Peserta juga dapat mengubah pilihan jawaban selama masih pada subtest yang sama dengan cara memilih pilihan jawaban yang dianggap benar dan secara otomatis akan terganti dengan pilihan jawaban terakhir.

Imanudin juga menjelaskan, peserta dapat mengidentifikasi kelengkapan jawaban pada daftar soal. Soal-soal yang belum dijawab ditandai dengan kotak berwarna merah dan soal-soal yang sudah dikerjaan ditandai dengan kotak berwarna hijau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1330 seconds (0.1#10.140)