Kisah Haru, Anak Buruh Harian Ini Tembus Teknik Kimia UGM dan Kuliah Gratis

Selasa, 18 Juli 2023 - 15:04 WIB
loading...
A A A
Dengan tekad kuat Indah tetap mencoba Teknik Kimia UGM saat mendaftar. Ia mengaku tidak mau lepas dari pilihan itu dan menjadikan prioritas pilihan karena kelak dirinya bercita-cita menjadi profesional di pertambangan.

“Harus Teknik Kimia. Indah mengutamakan jurusan itu dan UGM kebetulan adalah kampus yang terbaik. Jadi, Indah memilih untuk Teknik Kimianya karena peluang kerja yang bagus dan luas,” katanya.

Baca juga: 8 Kampus Top dengan Jurusan Sains Data Terbaik, Lulusannya Langganan Perusahaan Teknologi

Dapat KIP Kuliah, Gratis Kuliah sampai Lulus


Dengan penuh syukur akhirnya Indah diterima melalui jalur prestasi SNBPT. Namun tak hanya itu, dirinya pun bisa kuliah di UGM dengan KIP-Kuliah subsidi 100 persen alias gratis kuliah.
Indah pun sangat berharap dengan program ini bisa membantu meringankan rasa khawatir orang tuanya saat kuliah di UGM nantinya.

Yapisham Nasution dan Purnama Hasibuan mengaku perasaannya campur aduk saat Indah menyampaikan kabar dirinya diterima di UGM. Ada rasa bahagia dan senang, di sisi lain mereka harus membayangkan soal biaya.

Sementara kakak Indah, Andika Saputra masih kuliah di Universitas Negeri Padang dan dua adik kembarnya, Muhammad Padlan Nasution dan Muhammad Padlin Nasution masih sekolah di SMPN 8 Bukittinggi.

“Dengan penghasilan Rp3 juta dari kami berdua, tentunya sangat berat. Saya pun sempat bilang Indah untuk tidak melanjutkan keinginannya ke UGM,” ujar Purnama Hasibuan.

Terhadap keinginan agar Indah mengurungkan kuliah di UGM, Purnama pun mengaku sempat mendapat telepon dari ikatan alumni SMA Negeri 1 Bukittinggi.

Ia pun pada akhirnya mendapat pemahaman dari para alumni soal bagaimana kuliah Indah di UGM nantinya. Para alumni pun sangat berharap agar mau memberikan izin untuk Indah agar tetap bisa kuliah di UGM.

Hal sama dilakukan sang kakak, Andika Saputra. Kepada ibunya Purnama Hasibuan, ia menyampaikan penguatan bahwa Indah akan baik-baik saja kuliah di UGM. Dengan beasiswa yang diterima dipastikan tidak akan memberatkan keluarga.

“Ya namanya orang tua. Terima kasih pada alumni yang juga telah membantu ongkos transportasi berangkat Indah dari Padang ke Jogja. Saya pun hanya bisa berdoa semoga Indah baik-baik di sana dan bisa lancar kuliahnya,” pungkasnya.

Siswa Sarat Prestasi


Keinginan kuat Indah kuliah di UGM memang sedikit banyak dipengaruhi para alumni dari SMA Negeri I Bukitinggi yang berfokus melanjutkan studi ke perguruan tinggi di pulau Jawa seperti UI, ITB, Unpad dan UGM. Kebetulan salah satu alumni SMA Negeri 1 Bukitinggi tahun 2022 lalu diterima di Teknik Kimia UGM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)