6 Jurusan Kesehatan Sepi Peminat Padahal Sangat Dibutuhkan, Cek Apa Saja

Senin, 24 Juli 2023 - 09:52 WIB
loading...
6 Jurusan Kesehatan Sepi Peminat Padahal Sangat Dibutuhkan, Cek Apa Saja
Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, atau yang disingkat K3 menjadi salah satu jurusan kesehatan yang sepi peminat, padahal sangat dibutuhkan di dunia kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan Kesehatan yang sepi peminat tapi sangat dibutuhkan di masa mendatang. Bidang kesehatan menjadi salah satu bidang yang banyak diminati pada penerimaan mahasiswa baru. Setiap tahunnya, ada daya tampung yang cukup besar bagi jurusan kesehatan.

Akan tetapi, ada juga jurusan kesehatan yang masih sepi peminat. Padahal, keahlian dalam bidang tersebut justru sangat dibutuhkan di masa depan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 jurusan kesehatan yang sepi peminat tetapi prospek kerja menjanjikan di masa depan.

Daftar Jurusan Kesehatan yang Sepi Peminat Tapi Peluang Kerjanya Bagus

1.Jurusan Teknik Biomedik

Jurusan berikutnya adalah Teknik Biomedik. Jurusan ini masih sepi peminat di Indonesia. Padahal, jurusan ini memiliki prospek kerja yang luas dengan gaji yang sangat menjanjikan. Jurusan Teknik Biomedik dapat disebut perpaduan bidang teknik dan medis. Pada jurusan ini, kamu bisa belajar mengenai pemanfaatan teknologi yang bermanfaat bagi pasien, seperti mesin MRI. Selain itu, kamu juga mempelajari rekayasa regenerasi jaringan, dan teknik implan.

Jika kamu berminat, beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga membuka Jurusan Teknik Biomedik, yaitu: Universitas Airlangga, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia.

2.Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, atau yang disingkat K3, mempelajari berbagai hal mengenai keselamatan, keamanan, dan kesehatan di dunia kerja. Kesehatan dan keselamatan karyawan merupakan hal yang penting dan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan. Sebab, pelanggaran akan jaminan keselamatan dan keamanan kerja dapat membuat perusahaan dikenai sanksi.



Beberapa perusahaan, khususnya dengan pekerjaan yang berisiko tinggi, sangat membutuhkan lulusan Jurusan K3. Misalnya, bidang konstruksi, pertambangan, perkapalan, perhotelan, manufaktur, pabrik, dan rumah sakit.

Jika kamu berminat, Jurusan K3 sudah ada di Indonesia, di antaranya ada di Universitas Diponegoro, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Airlangga, dan UPN “Veteran” Jakarta.

3.Jurusan Fisioterapi

Jurusan Fisioterapi masih asing bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi calon mahasiswa di Indonesia. Padahal, Jurusan Fisioterapi sangat dibutuhkan di dunia kesehatan.Jurusan Fisioterapi merupakan cabang dari Kedokteran. Hanya saja, jurusan ini khusus mempelajari mengenai fungsi gerak tubuh dan anatomi tubuh manusia.

Setelah mendapatkan gelar Sarjana Fisioterapi, lulusan Jurusan Fisioterapi dapat bekerja di rumah sakit, pusat kebugaran, atau klinik sebagai seorang fisioterapis atau dokter pengobatan fisik.

Jika kamu berminat, beberapa perguruan tinggi di Indonesia juga membuka Jurusan Fisioterapi, yaitu: Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, Universitas Udayana, Institut Teknologi bandung, Universitas Indonesia, dan ada juga Akademi Fisioterapi YAB.

4. Jurusan Radiologi

Apakah kamu tertarik mempelajari alat kesehatan modern, seperti Sinar-X, USG, dan MRI? Jika kamu punya tingkat ketelitian tinggi dan tertarik dengan keahlian untuk melakukan analisis hasil rontgen, mendiagnosis, dan memindai tubuh manusia, kamu akan cocok memasuki Jurusan Radiologi.

Apabila kamu tertarik, Jurusan Radiologi ada di Universitas Airlangga, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Politeknik Kesehatan Jakarta II, dan Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang.

5. Jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan

Salah satu jurusan kesehatan lainnya dengan sedikit peminat adalah Jurusan Administrasi Kebijakan Kesehatan. Jurusan ini memang tidak terjun langsung di bidang kesehatan, meskipun termasuk di bidang kesehatan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0716 seconds (0.1#10.140)