Jurusan Teknik Instrumentasi, Apa Itu? Ini Prospek Kerja dan Daftar Kampusnya

Senin, 24 Juli 2023 - 10:35 WIB
loading...
A A A
• Gunakan pengontrol logika yang dapat diprogram, sistem kontrol terdistribusi, dan sistem kontrol pengawasan untuk kontrol sistem manufaktur dan pemrosesan.

• Melakukan pencarian dan pengolahan informasi serta mengembangkan kemampuan belajar sepanjang hayat.

• Bekerja dalam lingkungan tim dengan keterampilan kepemimpinan.

• Secara efektif mengkomunikasikan informasi dan detail teknis dengan berbagai pemangku kepentingan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Instrumentasi

1. Mempelajari ilmu instrumentasi bukanlah pelajaran mudah, namun studi yang dilakukan di bidang ini dapat membuka banyak pintu setelah lulus.

2. Lulusan teknik instrumentasi dicari dalam domain seperti teknik elektronik, manufaktur, produksi energi, atau pemrosesan makanan.

3. Seorang lulusan teknik instrumentasi dapat menggunakan keterampilan teknis dan pengetahuan teknik mereka untuk membantu proyek atau tugas di berbagai industri.



Misalnya, sebuah perusahaan manufaktur mungkin membutuhkan lulusan teknik instrumentasi untuk membantu mereka merancang dan memelihara peralatan dan mesin yang digunakan dalam produksinya.

4. Sementara perusahaan lain mungkin membutuhkan lulusan teknik instrumentasi untuk mengerjakan proyek pengemabngan makanan atau mengembangkan alat biomedis.

5. Seorang yang lulusan teknik instrumentasi dapat bekerja penuh waktu untuk berbagai perusahaan dengan membantu mereka mencapai tujuan mereka. Atau lulusan jurusan ini bisa mengambil pekerjaan freelance.

Perguruan Tinggi yang Membuka Jurusan Teknik Instrumentasi

1. Universitas Brawijaya Malang

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknik instrumentasi adalah Universitas Brawijaya Malang. Universitas yang satu ini memang terkenal dengan banyaknya jurusan kuliah yang dapat dipilih calon mahasiswa.

2. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Universitas yang menjadi salah satu perguruan tinggi yang paling diminati di Indonesia juga menyediakan jurusan teknik instrumentasi. Kamu bisa menempuh pendidikan teknik instrumentasi di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

3. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Dan perguruan tinggi yang menyediakan jurusan teknik instrumentasi berikutnya adalah Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)