7 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja, Salah Satunya Kuliah di Universitas Terbuka. Kok Bisa?

Sabtu, 05 Agustus 2023 - 15:15 WIB
loading...
A A A
Misalnya, Anda harus menyelesaikan kerja jam berapa, lalu harus mengerjakan tugas kuliah di hari apa dan butuh waktu berapa lama. Atur semua jadwal Anda setiap hari agar memudahkan Anda kuliah sambil kerja. Jadwal yang tersusun rapi akan membuat Anda memiliki pedoman untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

7 Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja, Salah Satunya Kuliah di Universitas Terbuka. Kok Bisa?

(Foto: dok Facebook UT)

4. Jaga Kesehatan agar Tetap Fit
Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu terutama saat kuliah sambil kerja. Kesehatan akan mempengaruhi produktivitas Anda, lho. Aturlah atur pola makan dan konsumsi vitamin secara rutin agar tubuh tetap fit!

Selain menjaga pola makan, Anda juga perlu beristirahat yang cukup. Jam tidur yang baik umumnya 7-9 jam setiap malam. Pasti Anda tidak mau kan kalau waktu kuliah dan kerja jadi berantakan? Maka dari itu, istirahatlah yang cukup dan jangan begadang, ya!

5. Berkomunikasi dengan Kantor
Ketika kuliah sambil kerja, pastikan perusahaan atau instansi Anda mengetahui hal tersebut. Sebab, jika Anda harus mengikuti ujian akhir semester atau orientasi mahasiswa baru, maupun berbagai bimbingan atau praktik/praktikum, atasan Anda bisa mempertimbangkan untuk memberi dispensasi.

Sehingga Anda tidak perlu cuti atau malah bolos, yang akhirnya membuat gaji terpotong. Tanggung jawab Anda sebagai pekerja dan mahasiswa pasti berlipat. Karena itu, selesaikan setiap pekerjaan dari kantor dengan baik. Sebisa mungkin, jangan membawa pekerjaan pulang ke rumah.

6. Pilih Kuliah Berbasis Online
Sistem kuliah online bisa memudahkan Anda untuk kuliah sambil kerja. Untuk diketahui, UT memiliki berbagai program kuliah yang ditawarkan. Dalam hal ini calon mahasiswa yang ingin masuk kuliah di UT diberikan kebebasan dalam memilih layanan yang akan diambil.

Layanan kuliah di UT terdiri dari Sistem Paket Semester (SIPAS), dan Non Sistem Paket Semester (Non Sipas). Selanjutnya modus kuliah terdiri dari kuliah online (fully online), dan blended learning antara kuliah online dan kuliah tatap muka (TTM).

Nah, di UT Anda bisa bebas layanan kuliah yang sesuai dan melakukan aktivitas perkuliahan dari mana saja tanpa mengganggu pekerjaan. Mahasiswa UT dapat mengikuti proses kuliah dengan mengakses aplikasi berbasis web “e-learning UT” (fully online), atau masuk kelas virtual untuk Tutorial Webinar (Tuweb). Gimana? Mudah kan!

7. Pilih Perguruan Tinggi dengan Beragam Fleksibilitas
Keterbatasan waktu, biaya, dan usia menjadi salah satu faktor penyebab putus kuliah. Karena itu pilihlah kampus yang tidak mengenal tahun lulus SMA atau sederajat dan tidak mengenal batasan umur, serta tidak menerapkan drop out bagi mahasiswanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)