Bangun Relasi Triple Helix di UMKM, FIA-UI Kolaborasi Bareng PT Sucofindo dan Pemkot Depok

Jum'at, 01 September 2023 - 14:07 WIB
loading...
A A A
Kolaborasi yang dilakukan melalui kegiatan Pengmas ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan kelompok PEKKA dan memberikan dampak positif pada peningkatan kesejahteraan dan perekonomian Kota Depok pada umumnya.

Di hari kedua, pelaksanaan Pengmas UI-Sucofindo melibatkan UMKM Kota Depok yang telah terseleksi dan komunitas “Wirausaha Yuk” yang merupakan wirausahawan muda bimbingin PT. Sucofindo.

Kegiatan Pengmas hari ke-dua ini menyasar isu dan permasalahan utama yang dihadapi UMKM yaitu pemasaran. Lia Amalia, social media assistant manager Grab, memberikan pengenalan media sosial dan tips UMKM untuk meningkatkan omset produk melalui platform media sosial.

Adityo Wicaksono, Sub Koordinator Pemasaran Digital & Kreatif, Pusat Pelayanan Teknologi-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan paparan dan pengalaman bagaimana UMKM dapat melakukan pengembangan produk konvensional ke digital dengan melibatkan proses ide produk, kemasan, harga, tes, dan riset.



Di hari ke-tiga, Habibie Maulana, pegiat Digital Marketing Strategy & Communication memaparkan implementasi promosi di media sosial. Dilanjutkan dengan peserta melakukan FGD dan praktik mempromosikan produk yang dihasilkan dengan prinsip 5W+1H. Hal ini penting untuk dipahami oleh UMKM untuk menginformasikan produk secara efektif dan efisien pada kustomer melalui media sosial.

Ikhwanudin, praktisi perpajakan dan mahasiswa S2 FIA, menyampaikan materi pentingnya UMKM untuk menguasai dan melakukan transaksi keuangan digital pada aktivitas bisnisnya. Hal ini penting bagi UMKM dapat mengikuti perkembangan dan trend perdagangan dengan menggunakan transaksi digital.

Sementara Agus Anita Herawati, pelaku UMKM unggul dari Kampung Boneka, memaparkan pengalamannya dalam membangun bisnis dari nol, tips kepada UMKM untuk menghadapi persaingan pasar, dan perlunya pelaku usaha untuk melakukan penetrasi pasar melalui media sosial.

Peserta UMKM mengikuti kegiatan Pengmas selama dua hari tersebut dengan antusias, aktif, berbagi pengalaman, dan belajar bersama untuk menguasai materi digital marketing yang diberikan. Dr. Andreo Wahyudi Atmoko selaku Ketua Pengmas FIA UI 2023 untuk pengembangan UMKM Kota Depok berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan pada tahun selanjutnya dan untuk mewujudkan relasi triple helix dalam mendukung perkembangan UMKM di Kota Depok.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)