5 Contoh Teks Ulasan dari Film hingga Game, Mudah Dipelajari!

Jum'at, 23 Februari 2024 - 12:59 WIB
loading...
A A A
Cerpen Corat-coret di Toilet merupakan salah satu karya Eka Kurniawan yang dimuat dalam sebuah antologi, dan diterbitkan sekitar tahun 2000-an.

- Tafsiran

Buku antologi cerpen ini bercerita mengenai seorang remaja punk yang masuk ke dalam toilet, dengan warna dinding yang baru saja diperbarui. Ia pun mengajukan aspirasinya menggunakan spidol di tembok bersih tersebut, untuk bisa dikomentari oleh orang-orang yang datang ke toilet.

Dapat dikatakan, inti dari cerpen ini berisi sentilan bagi para dewan yang suka “lupa diri”, jika sudah duduk di kursi panas pemerintahan.

- Evaluasi

Isi ceritanya terkesan fantastis dan masuk dalam kategori anekdot yang disajikan dengan deskripsi, sehingga membuat cerpen ini memiliki hakikat filsafat yang cukup tinggi.

Akan tetapi, bagi pembaca awam jadi perlu persiapan yang cukup untuk menerima dan mempelajari isi dari cerpen satu ini.

- Rangkuman

Cerpen Corat-coret di Toilet menjadi salah satu karya cerpen yang kritis, dan tidak melupakan sisi lucu dari sebuah toilet umum. Melalui cerpennya, sang penulis ingin menyampaikan pesan, jika orang-orang di ceritanya lebih mempercayai dinding toilet daripada pemerintah.

5. Contoh Teks Ulasan Game Honkai Star Rail


- Orientasi

Honkai Star Rail merupakan game mobile yang dikembangkan oleh miHoYo atau HoYoverse. Permainan yang rilis pada 26 April 2023 ini sukses merebut banyak perhatian seperti game pendahulunya, yakni Genshin Impact dan Honkai Impact 3. Game ini dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apple Store.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)