11 Ciri Orang Cerdas Dilihat dari Kebiasaannya, Salah Satunya Suka Berbicara Sendiri

Senin, 10 Juni 2024 - 11:52 WIB
loading...
11 Ciri Orang Cerdas Dilihat dari Kebiasaannya, Salah Satunya Suka Berbicara Sendiri
Salah satu ciri ciri orang cerdas yang bisa dilihat dari kebiasaannya adalah kebiasaan seseorang suka membaca. Foto ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Ini ciri-ciri orang cerdas yang bisa diketahui tanpa tes IQ tapi hanya dari kebiasaannya saja. Salah satu cara mengetahui kecerdasan seseorang adalah dengan melakukan tes Intelligence Quotient (IQ). Selain itu, juga bisa mengetahuinya hanya dengan melihat sifat dan kebiasaan seseorang.

Tapi tahukah kamu bahwa ciri ciri orang cerdas bisa diketahui tanpa harus melakukan tes IQ. Bagaimana caranya? Dilansir dari situs Business Insider, artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Ciri-ciri Orang Cerdas Dilihat dari Kebiasaannya


1. Punya Rasa Ingin Tahu yang Tinggi


Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Individual Differences (2016) menjelaskan rasa ingin tahu yang tinggi merupakan ciri-ciri orang cerdas. Studi ini menunjukkan adanya hubungan antara kecerdasan masa kanak-kanak dengan keterbukaan terhadap pengalaman yang mencakup rasa ingin tahu ketika dewasa.

2. Mudah Beradaptasi


Banyak penelitian psikologis yang mengungkap kecerdasan seseorang juga berkaitan dengan kemampuan beradaptasi seseorang. Orang cerdas lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru atau berubah-ubah.

3. Berbicara dengan Diri Sendiri


Sebuah penelitian dari Frontiers in Psychology pada 2016 menyebut self-talk merupakan teknik populer yang dapat mendorong kesuksesan diri. Tim peneliti menemukan peningkatan terbesar dalam pencapaian terjadi saat peserta berbicara pada diri mereka sendiri. Hal ini bisa mempercepat reaksi mereka terhadap sesuatu yang akan terjadi.


4. Suka Membaca


Orang cerdas biasanya suka membaca. Mereka rakus akan informasi, baik dari buku maupun sumber lain, termasuk membaca situasi, membaca alam, dan lingkungan sekitarnya. Hal ini dapat memberi sudut pandang yang berbeda, sehingga wawasan mereka semakin luas.

5. Tidak Merasa Tahu Semua Hal


Meski banyak membaca dan menyerap banyak informasi, orang cerdas tidak pernah merasa tahu semua hal. Justru sikap inilah yang membuat mereka selalu ingin menambah pengetahuan dengan belajar dan terus belajar.

6. Berpikiran Terbuka


Ciri-ciri orang cerdas selanjutnya adalah memiliki pemikiran terbuka, yakni tidak menutup diri dengan kemungkinan lain, dengan sesuatu yang baru. Mereka terbuka dengan ide dan peluang-peluang baru.

7. Senang Menyendiri


Orang cerdas cenderung menikmati kesendiriannya. Sebuah studi di British Journal of Psychology tahun 2016 mengungkap orang cerdas cenderung lebih bahagia dan pias dengan lebih sedikit interaksi sosial.

8. Memiliki Pengendalian Emosi yang Baik


Ilmuwan menemukan hubungan antara kecerdasan dengan pengendalian diri dan emosi. Dalam satu studi di jurnal Psychological Science, terungkap bahwa satu area otak yakni korteks prefrontal anterior, dapat berperan dalam membantu orang memecahkan masalah sulit dan menunjukkan pengendalian diri untuk menuju tujuan.

9. Menerima Humor Gelap


Orang-orang cerdas disebut bisa menerima humor gelap atau dark jokes. Mereka bahkan bisa menikmati humor tersebut tanpa terganggu, meski itu menyinggung dirinya. Orang cerdas dapat mengendalikan diri mereka dan terbuka dengan menganggap humor itu sebagai pendapat orang lain yang perlu dihargai.

10. Berempati


Orang cerdas tak hanya punya intelegensi tinggi, tetapi juga empati atau dapat merasakan emosi seseorang lewat perasaannya. Bahkan dia berusaha bertindak membantu orang lain.

11. Suka Bermusik


Terakhir, sebuah studi kecil pada 2011 dalam jurnal Psychological Science menghubungkan kecerdasan dengan musik. Melalui pelajaran musik, anak-anak lebih cepat mengasah kemampuan verbal mereka.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2521 seconds (0.1#10.140)
pixels