Epik Mahabharata Antar Komikus I Wayan Nuriarta Raih Gelar Doktor di UNUD

Senin, 22 Juli 2024 - 19:38 WIB
loading...
A A A
Kedua, ada tiga faktor penyebab terjadinya artikulasi identitas keindonesiaan dalam komik wayang tiga komikus yaitu faktor kesadaran pentingnya penguatan identitas budaya daerah, faktor nasionalisme, dan faktor ideologi kapital.

Sedangkan kesimpulan ketiga, implikasi artikulasi identitas dalam komik wayang Mahabharata berdampak pada lahirnya re-kreasi komik, diterimanya komik sebagai budaya Indonesia, terjadi counter hegemoni terhadap dominasi identitas komik sebagai budaya Barat dengan munculnya komik wayang dalam sepanjang sejarah kemunculannya dari tahun 1955 sampai tahun 2015, dan lahirnya genre-genre baru komik di Indonesia.

Di akhir I Wayan Nuriarta meyakini penelitian ini memiliki manfaat praktis bagi dunia pendidikan sebagai bahan ajar atau modul yang dapat digunakan dalam pengajaran desain komunikasi visual.

Penelitian ini juga memperkaya khasanah kajian kritis budaya populer komik dalam Kajian Budaya dan kajian komunikasi visual terutama yang berkaitan dengan artikulasi identitas budaya dalam komik.
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)