Mengenal Teks Diskusi, 10 Contoh Berbagai Tema dengan Struktur Penulisannya

Minggu, 22 September 2024 - 16:30 WIB
loading...
A A A
Narkoba dulunya digunakan dalam dunia media untuk mengurangi sakit pra operasi. Tetapi di zaman sekarang narkoba sudah disalahgunakan dan tak sedikit kasus narkoba yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu setahun ini. Menurut media hub Polri, tercatat jumlah kasus narkoba mencapai 17.855 di tahun 2024.

Kesimpulan:

Berdasarkan diskusi di atas dapat dikatakan sebagai narkoba memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan membahayakan nyawa pengguna tersebut. Karena itu, perlunya edukasi tentang bahaya narkoba bagi pelajar dan masyarakat sejak dini.

6. Contoh Teks Diskusi tentang Pengaruh Media Sosial


Pendahuluan dan Isu:

Media sosial telah menjadi aspek penting dalam kehidupan remaja di era digital ini. Platform seperti Instagram, TikTok, dan Twitter menawarkan berbagai fitur menarik yang memungkinkan remaja untuk berbagi, dan mengekspresikan diri. Namun, di balik kemudahan yang ditawarkan, media sosial terdapat perdebatan mengenai dampak positif dan negatif terhadap perkembangan remaja.

Rangkaian Argumen:

Sementara itu, media sosial memberikan manfaat bagi remaja dalam kemudahan untuk mengakses informasi. Tak hanya itu, remaja juga dapat dengan mudah berkomunikasi dengan teman-teman mereka, bahkan yang berada di lokasi yang jauh. Media sosial dapat menjadi sumber informasi dan pembelajaran yang cepat dan mudah diakses. Banyak remaja memanfaatkan platform ini untuk mengembangkan minat dan bakat mereka, seperti desain grafis dan menulis.

Analisis dan Refleksi:

Namun, penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menimbulkan masalah, seperti ketergantungan untuk mencari validasi online melalui likes dan komentar dapat mempengaruhi harga diri dan kesehatan mental remaja. Selain itu, masalah lainnya berupa cyberbullying yang telah menjadi ancaman serius di dunia maya sehingga mengganggu produktivitas dari pengguna media sosial tersebut.

Kesimpulan:

Media sosial memiliki potensi besar untuk membantu perkembangan remaja, namun perlu diketahui media sosial serupa dengan pedang bermata dua jika tidak digunakan dengan bijak. Diperlukan pendidikan dan bimbingan dari orang tua dan sekolah untuk membantu remaja memanfaatkan media sosial secara bijak sambil menghindari dampak negatifnya.

7. Contoh Teks Diskusi tentang Dampak Teknologi Bagi Perkembangan Anak


Pendahuluan dan Isu:
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)