Lembaga Pendidikan Usia Dini Harus Tanamkan Karakter Disiplin dan Kemandirian Anak

Minggu, 27 Oktober 2024 - 07:50 WIB
loading...
A A A
Selain itu, peran aktif masyarakat, terutama orang tua, sangat penting dalam mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh BKTKI. “Kami yakin bahwa dengan sinergi yang baik antara pemerintah, lembaga pendidikan, serta masyarakat, kita dapat membangun generasi emas yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki integritas moral dan spiritual yang kuat. Pendidikan anak usia dini berbasis masjid merupakan investasi jangka panjang bagi masa depan bangsa,” ujar Ketua Umum BKTKI, Dr. Hj. Chandrawaty.

Menurut Chandrawaty, program kerja nasional BKTKI periode 2024-2029 akan berfokus pada penguatan pendidikan Islam sejak usia dini; maksimalisasi peran masjid dalam pendidikan TK islam; peningkatan kualitas tenaga pendidik dan sarana pendidikan; kolaborasi dengan pemerintah, masyarakat dan stakeholder terkait; serta integrasi teknologi dalam pembelajaran.

Program-Program Unggulan BKTKI

1. Pelatihan dan Workshop Guru PAUD Islam

BKTKI secara rutin mengadakan pelatihan dan workshop untuk guru-guru PAUD agar selalu meningkatkan kualitas pengajaran dan pemahaman mereka tentang pendidikan Islam.

2. Pengembangan Kurikulum Islami

BKTKI bekerja sama dengan para ahli pendidikan untuk menyusun kurikulum yang tidak hanya sesuai dengan standar nasional, tetapi juga mengintegrasikan ajaran-ajaran Islam dalam kegiatan belajar mengajar.

3. Jaringan Kerja Sama Lembaga Pendidikan Islam

BKTKI berperan sebagai penghubung antara berbagai lembaga pendidikan Islam di seluruh Indonesia, bahkan di tingkat internasional, membangun jaringan kerja sama yang kuat untuk pertukaran informasi dan peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini.

Melalui program-program yang dirumuskan, BKTKI DMI ingin mendorong semua pihak untuk berperan aktif dalam mendukung pendidikan anak usia dini berbasis nilai-nilai Islam, sehingga tercipta sinergi positif antara lembaga pendidikan, pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat dalam membangun generasi mendatang yang berakhlak mulia dan berpengetahuan luas sebagai langkah untuk menyiapkan generasi emas yang siap menghadapi tantangan global dalam mewujudkan visi Indonesia maju 2045.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)