63 Tahun Berdiri, Unpad Gencarkan Kontribusi di Kancah Nasional-Global

Jum'at, 11 September 2020 - 09:26 WIB
loading...
A A A
Rina juga mengatakan, peran dan kebermanfaatan Unpad untuk membantu Indonesia menghadapi pandemi COVID-19 juga menjadi hal prioritas. Hingga saat ini, Unpad telah memberikan sejumlah sumbangsih untuk membantu bangsa dan negara menghadapi bencana global tersebut.

"Kita bersyukur bahwa Unpad telah berperan membantu melakukan deteksi COVID-19 dengan memanfaatkan laboratorium BSL 2 dan BSL 3 yang dimiliki Unpad. Selain itu, kita juga telah mengembangkan rapid test COVID-19 berbasis antigen yang dinamai CePad," sebutnya.

Rina juga mengapresiasi kerja tim riset Fakultas Kedokteran Unpad yang diketuai Prof Kusnandi Rusmil terkait kolaborasinya dengan PT Bio Farma dan Sinovach Biotech dalam melaksanakan uji klinis tahap III calon vaksin COVID-19. Rangkaian proses uji klinis tersebut tengah berlansung setidaknya hingga akhir tahun ini di bawah pengawasan BPOM dan WHO.

"Kita semua berharap hasilnya adalah vaksin teruji dan mendapat izin edar, sehingga vaksin Sinovac dapat diproduksi di awal 2021," imbuhnya.

Dengan mengusung tema "Bermanfaat dan Mendunia", Rina menekankan, momentum Dies Natalis ke-63 Unpad tahun ini dapat menjadi ajang refleksi seluruh warga Unpad untuk senantiasa memberikan kontribusi bagi masyarakat.

"Kita harus menjaga komitmen untuk menghubungkan inovasi dengan benefit bagi masyarakat. Strategi ini sejalan dengan kerangka innovation for society," tandasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2736 seconds (0.1#10.140)