Mendongkrak Kualitas Pendidikan Melalui Komunitas Guru Pintar

Kamis, 24 Desember 2020 - 13:55 WIB
loading...
A A A
Dalam program Webinar dan Kelas Guru Pintar ini, Aku Pintar kembali bersinergi dengan Rumah Guru BK (RGBK), sebuah komunitas yang menaungi Guru BK sebagai sarana untuk berbagi dan berkembang bersama agar menjadi guru BK yang profesional. “Aku Pintar dan RGBK memiliki visi yang sama khususnya dalam upaya memfasilitasi dan memberdayakan serta meningkatkan kompetensi Guru BK”, ujar Ana Susanti, selaku Founder Rumah Guru BK.

Apresasi untuk Guru Pintar
Selain program Kelas Guru Pintar, Aku Pintar juga menghadirkan Pahlawan Guru Pintar yaitu sebuah kompetisi berhadiah bagi Guru yang tergabung di Komunitas Guru Pintar. Kompetisi ini dihadirkan untuk memberikan dukungan sekaligus apresiasi bagi Guru yang aktif dalam menggunakan dan mensosialisasikan aplikasi Aku Pintar dalam KBM. Penilaian dilakukan atas dua kategori yakni kepada Guru di daerah 3T (tertinggal-terdepan-terluar) dan Non 3T.

Sebagai penghargaan bagi semua Guru yang mengikuti program dari Aku Pintar, hadiah berupa smartphone tidak hanya diberikan kepada pemenang kompetisi Pahlawan Guru Pintar, namun juga kepada pemenang Kelas Guru Pintar untuk karya tulisan dan video terbaik.

Guru dari SMKN 2 Banawa, Donggala, Palu yang mengikuti pelatihan Kelas Guru Pintar dan menjadi pemenang kompetisi Pahlawan Guru Pintar kategori 3T, Dian Kurniawati memberikan kesan selama mengikuti program dari Aku Pintar. "Kelas Guru Pintar merupakan pengalaman pertama saya mengikuti pelatihan penulisan. Pelatihan ini menambah wawasan saya mengenai penulisan serta memberikan motivasi positif bagi saya dalam menulis dan harapannya juga bagi Siswa nantinya. Melalui tulisan, kita dapat dikenal sebagai sosok yang hebat, meskipun orang tidak mengenal kita siapa", ujar Dian.

Lebih lanjut, Dian menyatakan rasa bangganya dapat menjadi pemenang kompetisi Pahlawan Guru Pintar. "Saya merasa bangga dapat menjadi salah satu pemenang di kompetisi Pahlawan Guru Pintar. Semoga ini dapat menjadi motivasi untuk diri sendiri, rekan-rekan Guru, serta anak-anak didik saya. Bahwa dari sesuatu yang kecil jika kita kerjakan dengan ikhlas dan semangat, akan membuahkan hasil yang luar biasa", pungkas Dian.

Adapun pemenang kompetisi Pahlawan Guru Pintar untuk kategori pemanfaatan aplikasi Aku Pintar adalah Nia Yuniarsih, Guru SMP Negeri 139 Jakarta dan Turheni Komar, Guru SMA Negeri 5 Bekasi. Untuk kategori 3T pemenangnya adalah Dian Kurniawati, Guru SMK Negeri 2 Banawa, Donggala, Palu. Kemudian untuk peserta dengan karya terbaik dari Kelas Guru Pintar adalah Maria Bernadette Indah Kristiawati Prihatin, Guru SMP Negeri 1 Nggaha Ori Angu NTT untuk karya tulisan terbaik. Serta Rendra Bimadinata, Guru SMA Negeri 10 Kota Bengkulu untuk karya video terbaik.

Selain Komunitas Guru Pintar, Aku Pintar juga mengadakan program bagi Orang Tua Siswa yang sudah berjalan dari Juli 2020 yaitu sharing online melalui sosial media Aku Pintar. Program tersebut diantaranya adalah Curhat Ortu dan Battle Pintar yang membahas mengenai masalah yang dihadapi Orang Tua dan Siswa, serta mencari solusi dari narasumber lainnya seperti psikolog atau profesional. Kemudian program yang terbaru adalah Cerita Ortu Pintar dan Cerita Guru Pintar, program ini mempertemukan Orang Tua dengan Guru untuk mencari solusi dari permasalahan belajar Anak yang dibahas dengan menarik.
(eko)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1261 seconds (0.1#10.140)