Mahasiswa Baru, Sekolah Kedinasan Diharap Bisa Gabung ke SNMPTN dan SBMPTN

Senin, 04 Januari 2021 - 21:28 WIB
loading...
Mahasiswa Baru, Sekolah Kedinasan Diharap Bisa Gabung ke SNMPTN dan SBMPTN
Ketua LTMPT Mohammad Nasih saat memberikan penjelasan mengenai tata cara pendaftaran SNMPTN dan UTBK SBMPTN 2021 secara daring. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) berharap sistem penerimaan mahasiswa baru di sekolah kedinasan pun bisa bergabung di seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Ketua LTMPT Mohammad Nasih mengatakan, mudah-mudahan di tahun berikutnya akan ada integrasi sekolah kedinasan pada SNMPTN dan SBMPTN. Dia menjelaskan, Politeknik Keuangan Negara STAN saat ini yang sudah menggunakan dan meminta data hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) untuk penerimaan mahasiswa baru. (Baca juga: Siap-siap Daftar, SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 Resmi Diluncurkan )

"Saya pikir STAN akan kita ajak untuk ikut SNMPTN. Dan demikian sekolah kedinasan akan kita ajak untuk ikut SNMPTN dan UTBK," kata Nasih pada peluncuran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2021 secara daring, Senin (4/1).

Terkait dengan integrasi penerimaan calon mahasiswa baru ini, ujar Nasih, harapannya tidak hanya dengan sekolah kedinasan milik pemerintah saja. Melainkan dengan lembaga pendidikan lain termasuk swasta untuk menggunakan data dan hasil UTBK untuk proses penerimaan mahasiswa baru. (Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Jadwal Penting Tahapan SNMPTN 2021 )

Sementara Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi P Widyobroto menambahkan, sekolah kedinasan yang sudah berkomunikasi dengan LTMPT itu STAN, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertanian yang juga memiliki sekolah-sekolah kejuruan. "Namun yang sudah sampai membuat MoU itu adalah STAN Kemenkeu," terang Budi di acara yang sama.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0889 seconds (0.1#10.140)