Lebih Efektif, Direktur Diktis: PTKIN Harus Seriusi Pembelajaran Digital

Jum'at, 12 Maret 2021 - 00:03 WIB
loading...
A A A
“Mereka bukan tidak mau kuliah. Mereka harus bekerja untuk kebutuhan ekonomi keluarga. Bahkan tidak sedikit diantara mereka adalah yang putus kuliah dan merantau ke berbagai negara. Mau kuliah tidak mungkin karena tidak mungkin sit In. Ini harus cari solusi digital,” paparnya lagi.

Terakhir, kelompok pemuka agama Islam seperti da’i atau kyai. Rata-rata para da’i hanya menamatkan pendidikan formal di jenjang Madrasah Aliyah dan lebih memilih fokus mendalami pengetahuan Islam di pondok pesantren.

“Umumnya sudah tafaquh fiddin, tapi legal formalnya tidak ada. Maka kita harus fasilitasi mereka dengan memberikan ruang kuliah berbasis digital dan virtual,” tambahnya. “Tiga pangsa pasar saja ini luar biasa. Kampus tidak boleh diam. Semua kita pengambil kebijakan tidak boleh apatis, apalagi tdak peduli,” tandasnya.

Kementerian Agama RI sendiri, sambungnya, akan segera meluncurkan Cyber Islamic University dan menunjuk salah satu PTKIN sebagai pilot project-nya. Keberadaanya diharap menjadi model pembelajaran digital di lingkungan perguruan tinggi agama Islam di tanah air.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)