UI Rancang Aplikasi Deteksi Kegawatdaruratan pada Anak di Masa Pandemi

Senin, 05 April 2021 - 01:01 WIB
loading...
UI Rancang Aplikasi Deteksi Kegawatdaruratan pada Anak di Masa Pandemi
Manajer Riset, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat FIK UI Dessie Wanda merancang purwarupa yang dapat membantu kerja perawat dalam mendeteksi kegawatdaruratan pada anak. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Kondisi gawat darurat bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja, tidak terkecuali pada anak. Dalam menghadapi situasi darurat pada anak, terjadi kesulitan menentukan kondisi anak karena biasanya anak belum dapat menyampaikan keluhan yang dirasakan kepada orang tua.

Hingga saat ini, perawat di seluruh Rumah Sakit di Indonesia masih menggunakan metode konvensional (paper-based) untuk mendeteksi kegawatdaruratan pada anak dan membutuhkan waktu > 1 menit. Hal ini tentunya memperlambat kerja perawat dalam mendeteksi kegawatdaruratan pada anak.



Berangkat dari kondisi tersebut, Dosen Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) Dessie Wanda dan juga selaku Manajer Riset, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat FIK, bersama tim mencoba merancang purwarupa yang dapat membantu kerja perawat dalam mendeteksi kegawatdaruratan pada anak.

Alat ini berupa aplikasi berbasis Android bernama Pediatric Assessment Triangle (PAT) yang dapat mendeteksi kegawatdaruratan pada anak secara cepat dan tepat. Dengan cara mengkaji first impression pada pasien anak agar perawat segera dapat memberikan pertolongan untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih parah hingga kematian.

Menurutnya, deteksi kegawatadaruratan menggunakan PAT dapat dilakukan < 1 menit. PAT sangat membantu seorang praktisi kesehatan (perawat dan tenaga kesehatan lainnya) dalam mendeteksi dan menangani kegawatan pada anak terutama di masa pandemi sekarang ini.



"PAT baru pertama kali diciptakan di Indonesia bahkan di dunia internasional. Aplikasi ini sudah terdaftar HAKI sehingga dapat digunakan oleh perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Saat ini aplikasi ini telah digunakan oleh para perawat dan tenaga kesehatan lainnya di Rumah Sakit dr. Suyoto, Jakarta,” katanya melalui siaran pers.

Penggunaan aplikasi ini juga dapat menjadi solusi meminimalisir transmisi infeksi Covid-19 karena bersifat paperless. Sistem paperless documentation ini dapat mengurangi kemungkinan transmisi infeksi melalui benda-benda yang ada di IGD.

Dessie menjelaskan, proyek purwarupa ini merupakan hasil karya bersama dengan Mahasiswa Peminatan Keperawatan Anak Program Magister FIK UI yang dimulai April 2020. Proyek didanai Direktorat Inovasi dan Techno Park UI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)