Survey KPAI: 88 % Anak Bersedia Divaksinasi tapi Mayoritas Belum Mendapatkan

Senin, 30 Agustus 2021 - 22:37 WIB
loading...
Survey KPAI: 88 % Anak Bersedia Divaksinasi tapi Mayoritas Belum Mendapatkan
Hasil survey yang dilakukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebutkan bahwa 88% anak menyatakan bersedia di vaksin. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hasil survey yang dilakukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebutkan bahwa 88% anak menyatakan bersedia di vaksin. Namun masalahnya meski bersedia di vaksin tetapi banyak anak-anak yang belum berkesempatan mendapatkan vaksin.

Komisioner KPAI Retno Listyarti mengatakan, KPAI melakukan survey mengenai persepsi peserta didik terkait vaksinasi anak usia 12-17 tahun yang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah.



Survey ini diikuti oleh 86.286 partisipan/responden dari jenjang pendidian SD/MI, SMP/Mts, MA/SMA/SMK, termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB). Adapun asal daerah para partisipan berasal dari 34 provinsi di Indonesia, bahkan diikuti juga peserta didik dari Sekolah Indonesia Luar negeri (SILN).

Retno menyebut, dari 86.286 responden menunjukkan bahwa 88% responden bersedia untuk divaksin. Kemudian 9 % mengaku ragu-ragu dan hanya 3 % yang tidak bersedia untuk divaksin.

Retno mengungkapkan, jawaban tertinggi anak yang mau bersedia di vaksin dengan persentase 47% itu adalah agar tubuhnya memiliki antibodi terhadap virus Covid-19.



"Sehingga jika tertular Covid-19 hanya bergejala ringan saja dan tidak perlu dirawat di rumah sakit," katanya pada Rakornas KPAI secara daring, Senin (30/8/2021).

Alasan lainnya, ucapnya, ialah agar anak memiliki kekebalan dari virus Corona (25%) dan alasan supaya aman mengikuti pembelajaran tatap muka sebesar dijawab oleh 25% responden.

Sementara 2 % lainnya mau vaksin karena dibujuk orang tua. Lalu 2 % responden menyatakan alasan lain. Misalnya merasa vaksinasi ini adalah kewajiban, agar bisa bepergian kemana saja dan agar terus mendapat bansos dari pemerintah.

Meski persentase anak yang mau divaksin itu tinggi namun hasil survey KPAI menyebutkan bahwa baru 35% anak yang sudah mendapatkan vaksinasi. Sedangkan 64% diantaranya belum di vaksin.

"Jadi capaian vaksin dewasa masih kecil dan untuk anak juga begitu. Ini kan menujukan bahwa searah juga bahwa keinginan untuk divaksin tdak sejalan dengan fasilitas vaksin yang ada di wilayahnya," katanya.

Retno menjelaskan, dari jumlah 64% yang belum di vaksin tersebut, 57% responden menyatakan belum divaksin karena belum berkesempatan mendapatkan vaksin. Lalu 8 % belum 3 bulan sejak dinyatakan sembuh dari covid, 4 % karena memiliki komorbid dan alasan lainnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)