Ini Negara-negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia, Cek Daftarnya

Kamis, 28 April 2022 - 13:11 WIB
loading...
A A A
Negara tetangga dari Australia ini juga memiliki indeks cukup tinggi dalam hal pendidikan. Secara umum, sistem pendidikan di Selandia Baru memiliki standar yang tinggi dan menyamai standar pendidikan di negara-negara Eropa. Jurusan keuangan, teknologi, sains, sejarah, dan hukum adalah jurusan favorit bagi banyak orang.

Menurut laman education.govt.nz, sistem edukasi atau pendidikan di Selandia baru juga bersifat sangat heterogen. Ada banyak perbedaan etnis, agama, suku, dan budaya yang dapat berbaur dengan baik di sekolah-sekolah Selandia Baru. Apakah kamu juga tertarik melanjutkan studi ke Negeri Kiwi tersebut?

13. Swedia

The Borgen Project dalam lamannya mencatat bahwa sistem pendidikan dasar di Swedia dibagi menjadi 4 tingkatan atau jenjang sekolah. Anak berusia 1-5 tahun dapat mengikuti program prasekolah atau forskola. Setelah itu, anak-anak dapat bersekolah di jenjang berikutnya yang bernama forskoleklass, yakni jenjang taman kanak-kanak dan sekolah dasar. Setelahnya, siswa siswi dapat menempuh sekolah menengah (mellanstadiet) dan juga sekolah menengah pertama atau hogstadiet.

Faktanya, setelah sekolah wajib dikuasai, hampir semua warga Swedia akan melanjutkan studi sesuai dengan jurusan atau bidang profesionalisme masing-masing. Dengan acuan standar yang jelas dan baku, pemerintah Swedia dapat dengan ketat menjaga dan mengontrol kualitas pendidikan mereka di mata dunia.

14. Singapura

Asia Tenggara juga tidak mau kalah dalam hal pendidikan. Buktinya, Singapura menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan yang diakui terbaik di dunia, dicatat dalam Smile Tutor. Bagi pemerintah Singapura, pendidikan adalah modal awal bagi kemajuan perekonomian sebuah negara.

Terbukti dengan ambisi positif dari pemerintahnya, Singapura yang meskipun negara kecil mampu bersaing dalam percaturan global. Satu lagi, kurikulum di Singapura juga sangat fokus pada pemecahan masalah dan keahlian-keahlian khusus yang tidak diajarkan di universitas negara-negara lain.

15. Prancis

Seperti dicatat dalam laman World Education News and Reviews, Prancis merupakan negara yang menjadikan pendidikan sebagai sebuah prioritas. Bahkan, sebesar 21 persen dari total anggaran nasional dialokasikan khusus untuk pendidikan. Negara berpopulasi 68 juta jiwa tersebut juga memiliki universitas yang diklaim sebagai salah satu universitas tertua di dunia, yakni Universitas Paris.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)