Tantangan Pendidikan Era Generasi 'Z' dan Milenial

Senin, 13 September 2021 - 00:50 WIB
loading...
A A A
Seperti yang di sampaikan oleh, World Economic Forum (WEF) pada akhir tahun 2020 yang merilis laporan The Future Jobs yang berisi pekerjaan-pekerjaan yang diprediksi akan menjadi pekerjaan yang prospektif mulai tahun 2025 nanti. Dan menurut prediksi WEF, di tahun 2025 nanti diperkirakan ada 85 juta pekerjaan yang selama ini ditangani manusia akan digantikan mesin.

Sedangkan dalam kontes profesi aparatur sipil negara (ASN) atau PNS, menurut Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, memprediksi 75 persen bisa punah dalam 5 sampai 10 tahun ke depan. Hal itu disebabkan oleh disrupsi yang tidak bisa dibendung.

Melihat fenomena sosial ini, yang mungkin akan terjadi ke depan, maka sudah seharusnya dunia pendidikan juga melakukan penyesuaian terhadap tantangan perubahan yang akan segera terjadi dan tak terhindarkan.

Tentu saja ada beberapa bidang pendidikan dan keilmuan secara filosofis tidak berubah, tetapi dalam implementasi teknis mungkin dipaksa berubah oleh arus zaman yang dijanlani oleh generasi milenial dan generasi “Z” itu.

Tantangan Generasi Milenial dan Generasi Z
Generasi Milenial adalah sebutan yang berkaitan dengan istilah milenium yakni penyebutan hitungan untuk setiap Seribu Tahun. Saat ini kita berada di Milenium yang kedua sejak tahun 2000.

Menurut para ahli bahwa generasi Milenial, adalah Kelompok anak-anak yang lahir pada awal 1980-an sebagai awal kelahiran, dan pertengahan tahun 1990-an hingga awal 2000-an sebagai akhir kelahiran. Generasi milenial juga dikenal sebagai Generasi Y, Gen Y.

Karakteristik Generasi Milenial
Adapun karakteristik dari generasi milenial dapat dicirikan yaitu, antara lain sebagai berikut:
1) Gadget menjadi prioritas utama kebutuhan; 2) Eksistensialis yang dicirikan suka Selfie dan Wefie and Share; 3) Multitasking; 4) Cinta Kebebasan; 5) Suka yang serba Instan; 6) Cepat bosan; 7) Memilih Pengalaman Daripada Aset,

Sedangkan Generasi Z atau GenZ, yaitu generasi yang lahir di era Internet, antara 1995 dan 2010, mempunyai karakteristik, antara lain sebagai berikut:
yaitu :
1) Bekerja keras untuk memastikan pendapatan yang stabil sepanjang hidup mereka.
2) Lebih banyak mengakses media sosial, tapi lebih sedikit berbagi tentang diri mereka sendiri di depan publik
3) Sangat paham tentang harga barang kebutuhan mereka, karena terbiasa melakukan komparasi harga barang secara online
4) Terlatih membuat perencanaan keuangan

Dengan memiliki latar belakang dan ciri yang berbeda antara generasi Milenial dan generasi Z, tapi kedepan mereka menghadapi persoalan peluang dan tantangan yang mungkin relatif sama, karena kedepan paling tidak ada 10 Jenis pekerjaan yang mungkin akan menjadi primadona profesi pada saat itu.

Adapun ke 10 Profesi itu antara lain adalah :
1. Data analyst and data scientist. Data analyst bertugas mengolah data dan menyajikan data yang tersedia. Sedangkan data scientist mencari cara untuk mendapatkan data dan menganalisisnya untuk digunakan oleh analis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)