Nadiem Minta Mahasiswa Maksimalkan Program Merdeka Belajar

Selasa, 14 September 2021 - 20:55 WIB
loading...
A A A
“Jadi wajib hukumnya kalian untuk segera beradaptasi dengan model pembelajaran yang berlaku di kampus,” jelasnya.

Selain adaptasi model belajar, Rektor juga mengingatkan bahwa penting bagi mahasiswa untuk beradaptasi dalam hal pergaulan. Sebagai manusia dewasa, mahasiswa harus pandai bergaul, pintar memilih teman.

"Pilih dan pilahlah pergaulan karena karakter kalian juga akan terbentuk oleh siapa teman siapa kawan yang diajak bergaul,” tukas Rektor.

Dan perubahan selanjutnya adalah mahasiswa harus mengubah gaya mengelola manajemen diri. Mahasiswa harus mampu mengatur diri sendiri, berdisiplin, mengatur waktu sehingga waktu yang ada tidak terbuang sia-sia.

“Kalian tidak perlu mengeluh atau bersedih hati. Tugas yang diberikan oleh dosen adalah cara untuk menggembleng kalian untuk menjadi insan yang berkualitas,” kata Ayub.

Anggota Komisi X DPR Ferdiansyah mengingatkan pentingnya mahasiswa baru untuk mencermati situasi baik pada saat pandemi maupun nanti pasca pandemi. Setiap mahasiswa harus mampu menjawab tantangan yang ada.

Untuk menjadi sukses, Ferdiansyah yang juga alumni Unkris dari Fakultas Ekonomi menjelaskan, ada beberapa kunci penting yang harus dipegang oleh mahasiswa. Yakni harus selalu responsive dan bukan reaktif. Responsif ini bisa dengan cara menunjukkan kemampuan diri. Lalu mahasiswa harus mampu mengeksplorasi hal-hal baru untuk menyiasati kondisi pandemi yang entah kapan akan berakhir.

“Dan penting pula mahasiswa memiliki komitmen, selalu fokus pada apa yang dikerjakan. Memiliki semangat untuk mengeksekusi apa yang direncanakan,” tandas Ferdiansyah.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2011 seconds (0.1#10.140)