Mahasiswa Baru? Ini Hal Wajib yang Harus Disiapkan Saat Kuliah

Kamis, 30 September 2021 - 05:55 WIB
loading...
A A A
Beradaptasi dengan Lingkungan Kampus
Walaupun saat Ospek kamu sudah diberikan informasi lengkap tentang kampus, fasilitas hingga dosen yang mengajar di jurusan yang kamu pilih, kamu tetap harus beradaptasi dengan lingkungan kampus. Kenalilah kehidupan kampus dan sekitarnya.

Misalnya, saat pertama masuk kuliah, ada baiknya jika kamu mengunjungi ruang tata usaha (TU) untuk mengetahui mekanisme perkuliahan, cara mengurus Kartu Rencana Studi (KRS), cara mengecek nilai, mengurus kartu perpustakaan, hingga aturan cara berpakaian yang diizinkan oleh kampus.

Bagi kamu yang berkuliah di luar kota atau luar daerah, wajib hukumnya untuk mengetahui kondisi lingkungan di sekitar kampus. Mulailah menerapkan tips memilih kos yang strategis, mencari tahu moda transportasi yang bisa digunakan, hingga memetakan fasilitas yang tersedia di sekitar kampusmu.

Selama berkuliah, kamu akan sering berurusan dengan tempat fotokopi, tempat print dokumen, toko perlengkapan tulis dan sebagainya. Kamu juga harus mencari tahu lokasi ATM terdekat, hingga tempat makan favorit mahasiswa.

Menjalin Relasi Seluas-Luasnya
Momen kuliah dapat menjadi saat yang tepat untuk menjalin relasi seluas-luasnya. Karena, saat berkuliah kamu tentu akan menemukan berbagai karakter mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan, daerah, minat dan bakat hingga ketertarikan terhadap kegiatan kemahasiswaan.

Jangan takut bergaul dengan senior atau kakak tingkat, karena mereka memiliki pengalaman lebih yang bisa membantu kamu menghadapi dunia perkuliahan. Ingat, kuliah hanyalah satu di antara pintu gerbang untuk menggapai cita-cita, jadi banyak-banyaklah menjalin relasi selama kuliah. Karena, tidak menutup kemungkinan relasi yang kamu jalin dapat membantu kamu setelah lulus nanti.

Kuasai Jadwal Kuliah, Materi Pembelajaran dan Kenali Dosen
Karena dituntut untuk mandiri, kamu harus lebih aktif ketika menjadi mahasiswa baru. Menguasai jadwal kuliah dan materi pembelajaran dapat menjadi langkah yang tepat. Jangan lupa untuk berkenalan dengan para dosen di kampusmu. Tidak seperti guru di SMA, dosen akan lebih terbuka kepada mahasiswanya.

Sebagian besar dosen akan senang menjadi teman diskusi oleh para mahasiswa. Jadi, jangan segan-segan untuk berkenalan dengan para dosen di kampusmu ya. Namun ingat, mereka adalah pengajar, walaupun lebih egaliter, kamu tidak bisa memperlakukan mereka seperti teman sepermainan ya.

Nah, jika kamu kenal dengan para dosen, kamu lebih mudah menyesuaikan diri terhadap materi pelajaran yang mereka sampaikan. Kamu bisa memetakan gaya mengajar masing-masing dosen. Karena, tak semua dosen dapat menyajikan materi melalui media digital, terkadang ada beberapa dosen yang masih konsisten membuat catatan-catatan khusus, atau membagikan jurnal ilmiah.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan ketika menjadi mahasiswa baru. Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu yang akan menghadapi dunia perkuliahan ya. Selamat mencoba!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)