Tim Mekatronic UMM Borong 5 Juara di Kontes Kapal Cepat Nasional

Senin, 25 Oktober 2021 - 13:59 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Mohamad Irkham Mamungkas ST. MT., salah satu dosen pembimbing tim Mekatronic UMM bersyukur akan kemenagan yang diperoleh. Menurutnya, keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras mahasiswa dan pihak-pihak yang membantu. Ia mengatakan bahwa pada tahun lalu, tim-tim yang UMM kirimkan hanya mampu meraih juara dua di beberapa kategori. Hal itu jugalah yang membuat mereka penasaran dan ingin meraih juara pertama.

“Tahun lalu kami hampir saja menjadi juara pertama namun skor kami tersalip di detik-detik akhir. Namun alhamdulillah tahun ini kami bisa mendapatkan juara pertama di kategori FERC, juara ketiga kategori ERC dan beberapa juara lainnya,” ungkapnya.

Irkham kembali menuturkan bahwa bantuan dari para senior mahasiswa juga memberikan ketenangan bagi anggota tim Mekatronic UMM yang berlaga. Menurutnya, proses diskusi dan bimbingan dari para senior mahasiswa menjadi salah satu faktor penting kemenangan ini.

Meski begitu, ia tidak menampik bahwa tim yang ia bimbing sempat mengalami hambatan. Sebut saja kapal yang tenggelam saat percobaan hingga persiapan mendadak untuk menambahkan fitur pembidik sasaran. Beruntung, kedua hal tersebut bisa diatasi dengan cepat dan tepat. Dijelaskan Irkham, para mahasiswa berinisiatif dengan baik sehingga tenggelamnya kapal tidak terjadi lagi.

“Mereka juga sanggup memecahkan bagaimana cara menambahkan fitur pembidik hanya dalam waktu dua hari. Semua tentu diperoleh berkat perjuangan keras para anggota tim,” tegasnya.

Terakhir, dosen Teknik Mesin itu berharap agar Meaktronic UMM tidak jumawa. Ia ingin agar mahasiswa terus mengupgrade pengetahuan dan mampu mempertahankan juara di tahun depan. Begitupun dengan usaha untuk meraih kemenangan di kategori-kategori lainnya seperti desain dan kapal selam autonomous.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1289 seconds (0.1#10.140)