7 Kegiatan Ini Dapat Meningkatkan IQ Kalian

Kamis, 09 Desember 2021 - 14:34 WIB
loading...
A A A
4. Kegiatan Penalaran Visuospasial
Kegiatan penalaran visuospasial adalah aktivitas yang melibatkan proses mental yang berhubungan dengan representasi fisik. Sebuah studi menemukan, mengembangkan penalaran visuospasial juga bisa menambah skor tes IQ.

Pada penelitian tersebut, sebagian memori dan aktivitas kontrol eksekutif diterapkan guna meningkatkan penalaran visuospasial peserta. Kegiatan pelatihan visual dan spasial ini meliputi labirin, model 3D, sudut pandang, dan prisma terbuka.

5. Kegiatan Pengendalian Eksekutif
Kontrol eksekutif adalah kemampuan mengontrol aktivitas kognitif yang kompleks. Fungsi eksekutif berhubungan erat dengan kegiatan penalaran yang lancar, yang merupakan salah satu aspek kecerdasan manusia.

Sejumlah kegiatan dalam melatih pengendalian eksekutif adalah permainan scrabble, lampu merah-hijau, fiksi, dan kegiatan asah otak.

6. Mempelajari Bahasa Baru
Ada sebuah penelitian yang menyelidiki hubungan antara pembelajaran bahasa awal dan IQ. Ditemukan dari penelitian tersebut bahwa pembelajaran bahasa lewat pembicaraan dan interaksi selama 18 sampai 24 bulan paling bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan kognitif di kemudian hari.

7. Melakukan Pendidikan Lanjut
Pendidikan lanjutan apapun bentuknya, punya peran signifikan dalam pengembangan kecerdasan. Pada sebuah studi yang melibatkan lebih dari 600 ribu peserta, dilakukan analisis soal efek pendidikan terhadap level IQ.

Penelitian tersebut memperlihatkan, setiap tambahan tahun pendidikan formal, peserta mendapat peningkatan IQ dari satu sampai lima poin.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2491 seconds (0.1#10.140)