Peluang Kerja Lulusan Akuntansi, Nomor 4 Terkenal Paling Basah

Jum'at, 17 Desember 2021 - 23:04 WIB
loading...
Peluang Kerja Lulusan Akuntansi, Nomor 4 Terkenal Paling Basah
Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menjadi mahasiswa jurusan akuntansi harus siap berkutat dengan angka-angka. Maka tidak heran jika peluang kerjanya nanti pasti akan berurusan dengan proses pencatatan laporan dan segala transaksi keuangan suatu instansi.

Selain ilmu tentang prinsip akuntansi, mahasiswa jurusan ini juga akan mempelajari mengenai perpajakan, manajemen keuangan hingga manajemen pemasaran hingga matematika bisnis dan matematika ekonomi.

Baca juga: 6 Prospek Kerja Lulusan Ilmu Politik yang Menjanjikan, Nomor 4 Paling Diburu

Seorang akuntan profesional juga harus bisa membuat analisis laporan, perencanaan dan konsultasi keuangan sehingga mata kuliah analitik bisnis dan tata kelola perusahaan dan manajemen resiko pun harus memperoleh nilai bagus.

Dengan keahlian khususnya itu, seorang akuntan profesional akan dicari banyak orang dan juga akan digaji tinggi. Melansir laman akuntansilengkap.com, berikut ini 10 jenis pekerjaan yang bisa diambil lulusan D3 ataupun S1 akuntansi berikut dengan gaji rata-rata yang bisa didapat saat awal bekerja.

1. Profesi Akuntan
Karena keuangan perusahaan akan bergantung pada pengelolaan seorang akuntan maka profesi ini akan banyak diburu oleh setiap perusahaan.

Akuntan yang baik seharusnya bisa menganalisis keuangan, menyajikan laporan keuangan dengan baik sehingga akan berguna bagi perusahaan untuk mengambil kebijakan perusahaan.

Gaji akuntan menurut https://id.indeed.com/ adalah Rp4.379.515 per bulan. Nilai gaji akuntan ini diambil dari perkiraan 671 orang akuntan.

2. Entrepreneur
Setiap orang memiliki kesempatan menjadi pengusaha dan memiliki usaha sendiri. Bagi seorang akuntan pasti memiliki kelebihan dalam mengelola keuangan sebuah organisasi ataupun perusahaan, sehingga menjadi modal baik untk membuka sebuah usaha.
Gaji seorang pengusaha tidak terbatas.

3. PNS Akuntansi
Di setiap penerimaan ASN posisi yang tersedia bagi jurusan akuntansi pasti akan selalu ada banyak instansi pemerintah yang membutuhkan seseorang yang ahli menangani masalah keuangan pemerintah.
Misalnya:
a. Kementrian Keuangan dan Dirjen Perpajakan. Kemenkumham membutuhkan Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Pertama, Auditor Ahli Pertama, Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama, Penata Keuangan, Pengelola Barang Milik Negara, Pengelola Keuangan, dan Pranata Laporan Keuangan.
b. Bawaslu membutuhkan; Ahli Pertama-Pengelola PengadaanBarang/Jasa, Analis Barang Milik Negara, Analis Keuangan, Analis Laporan Pertanggungjawaban Bendahara.
c. Analis Monitoring, Evaluasi Dan Pelaporan
Gaji pokok PNS akuntansi adalah Rp2.301.800 per bulan, gol IIC.
Gaji PNS Kemenkeu adalah Rp2.575.000, paling besar 49.950.000.
Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 156 Tahun 2014 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Keuangan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1444 seconds (10.101#12.26)