Mahasiswa, Ini 7 Alasan Menarik Berkarier di Bidang Perpajakan

Rabu, 22 Desember 2021 - 12:06 WIB
loading...
A A A
Lantaran setiap perusahaan membutuhkan staf untuk mengurus soal pajak, kamu akan punya peluang untuk melamar di perusahaan mana pun.

3. Beragam Pilihan Pekerjaan
Lulusan prodi taxation bisa bekerja untuk pemerintah di Kantor Pajak, baik dalam fungsi pelayanan, konsultasi, maupun pengawasan. Selain bekerja di Direktorat Jenderal Pajak, juga bisa berkarier di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan, Pusdiklat Pajak, hingga Badan Kebijakan Fiskal.

Selain bekerja untuk pemerintah, baik sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) atau bukan, ada sejumlah profesi lain yang bisa dijalani jika terjun ke bidang taxation. Beberapa di antaranya termasuk menjadi konsultan pajak, konsultan keuangan, auditor, staf bagian keuangan, akuntan pajak, penasihat pajak perusahaan, manajer kekayaan, hingga pegawai bank.

Lulusan pajak juga bisa lho bekerja di bidang hukum dengan mewakili atau mendampingi pihak yang terlibat dalam sengketa pajak di pengadilan.

4. Kesempatan Berkarir di Kancah Internasional
Mungkin ketika membayangkan karier di bidang taxation berarti hanya akan bekerja di balik meja di dalam gedung perkantoran. Faktanya, pekerjaan di bidang ini bisa membawa lulusannya ke perusahaan multinasional.

Tidak sedikit perusahaan asing yang melakukan investasi maupun mendirikan pabrik di Indonesia. Mereka tentunya membutuhkan tenaga pajak. Jika bekerja untuk perusahaan multinasional seperti ini akan membukakan peluang menarik bagi untuk bekerja secara global.

5. Jenjang Karir Berkelanjutan
Hal lainnya yang menarik dalam berkarier di bidang perpajakan adalah jenjang karier yang berkelanjutan. Selalu ada peluang untuk meningkatkan kemampuan profesional dan mengejar posisi lebih tinggi.

Misalnya saja, sebagai fresh graduate, lulusan perpajakan bisa memulai karier sebagai tax accountant di sebuah perusahaan. Seiring waktu dan pengalaman, kamu akan naik jabatan menjadi tax manager atau bahkan tax director.

6. Lulusan Taxation Bisa Jadi Entrepreneur
Mereka yang terjun di bidang taxation juga dapat membuka bisnis sendiri. Sebagai entrepreneur, kamu bisa mendirikan perusahaan atau firma yang memberikan konsultasi perpajakan ke wajib pajak baik perusahaan maupun perorangan.

Kalaupun memilih mendirikan bisnis di bidang lain, kamu akan mengelola perusahaanmu dengan lebih baik berkat pengetahuan mendalam tentang perpajakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)