Kriminologi, Jurusan Kuliah Langka dengan Peluang Kerja Luas

Rabu, 12 Januari 2022 - 15:04 WIB
loading...
A A A
2. Universitas Budi Luhur
Berada pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, akreditasi Jurusan Kriminologi Budi Luhur saat ini adalah B. Jurusan Kriminologi Universitas Budi Luhur direkomendasikan buat calon mahasiswa yang ingin belajar tentang:
- Crime Journalism Investigation
- Cyber Crime.

3. Universitas Islam Riau
Adakah kampus untuk kuliah Jurusan Kriminologi di luar Jawa? Jawabannya adalah Jurusan Kriminologi Universitas Islam Riau yang berada di Pekanbaru. Bahkan, Jurusan Kriminologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini adalah satu-satunya saat ini yang diselenggarakan oleh kampus Islam.

Meskipun tidak banyak pilihan kampusnya, peminat Jurusan Kriminologi cukup tinggi – apalagi Jurusan Kriminologi UI. Pada SBMPTN 2020, Jurusan Kriminologi UI menerima 27 saja calon mahasiswa baru dengan peminat mencapai 718 orang pada tahun sebelumnya.

Dan apakah kelas IPA atau IPS menjadi syarat masuk Jurusan Kriminologi? Untuk menjadi mahasiswa Jurusan Kriminologi, baik di kampus negeri maupun swasta, calon mahasiswa tidak harus berasal dari kelas tertentu. Namun Ilmu Kriminologi takkan terasa terlalu asing buat siswa yang sudah akrab dengan pelajaran Sosiologi di sekolah.

Peminatan yang dipilih saat kuliah dapat mempengaruhi pilihan karier alumni Jurusan Kriminologi. Alumni Jurusan Kriminologi UI, misalnya, banyak yang meniti karier menjadi staf ahli BNN, Komnas HAM, BNPT, KPAI, Komnas Perempuan, KPK, Kejaksaan, Kepolisian, Kementerian, maupun di berbagai perusahaan.

Namun ada profesi-profesi konvensional di bidang Kriminologi yang ditekuni oleh alumni jurusan ini. Prospek kerja Kriminologi yang terhitung konvensional antara lain Kriminolog, Analis Intelijen, Spesialis Manajemen Keamanan, Jurnalis, ataupun Analis Data.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1646 seconds (0.1#10.140)