Tips Menggunakan Internet yang Aman, Nomor 2 Paling Bahaya

Kamis, 20 Januari 2022 - 17:51 WIB
loading...
A A A
4. Ganti Kata Sandi Secara Berkala
Penggunaan kata sandi yang sama dalam rentang waktu lama sagat rawan peretasan. Apalagi jika kata sandi kalian memiliki tingkat kerumitan yang rendah, bisa jadi peretas dapat dengan mudah mengakses akun kalian. Hal itu dapat disiasati dengan mengganti kata sandi secara berkala. Apabila rajin mengganti kata sandi maka oknum yang mengincar akun kalian akan sulit memanipulasinya. Sebagaimana kalian ketahui bahwa zaman sekarang mudah bagi oknum melakukan manipulasi kata sandi.

5. Gunakan Antivirus Resmi
Seperti perangkat keras pada umumnya, perangkat lunak juga perlu pelindung berupa antivirus. Antivirus berguna untuk proteksi terhadap virus-virus yang mungkin menyerang saat kalian berselancar di internet. Situs yang kalian kunjungi bisa saja mentransfer virus sehingga membahayakan perangkat komputer. Terkadang beberapa oknum sengaja menaruh virus di website agar pengunjung yang masuk terkena dampaknya. Bahayanya virus tersebut bisa membuat data kalian rusak bahkan sampai hilang.

Namun, perlu diketahui jika antivirus yang digunakan harus berasal dari situs resmi. Hal itu berguna untuk menghindari kemungkinan software komputer mengalami kerusakan. Kerusakan yang timbul akan sangat mengganggu kinerja kalian nantinya, yang lebih parah lagi antivirus tidak resmi tidak akan memberi jaminan keamanan secara menyeluruh. Beberapa antivirus yang bisa kalian gunakan seperti Avira Antivirus, Kaspersky, atau Malwarebytes.



6. Miliki Backup Data
Zaman sekarang ini jika kalian tidak memiliki backup data akan sangat menyulitkan. Misalnya saja data mengalami kerusakan atau lebih parahnya lagi hilang, maka imbasnya juga fatal terhadap kinerja dan waktu yang sudah kalian luangkan. Kalian perlu melakukan backup data secara berkala untuk memudahkan pemulihan dan pengembaliannya. Manfaat backup data ini bisa membuat kalian merasa aman dari peretas tidak bertanggung jawab yang mungkin berniat menghilangkannya.

Demikian tips aman yang bisa kalian terapkan dalam menggunakan internet. Kejahatan bisa terjadi karena terbukanya peluang untuk melakukannya. Maka dari itu, tugas pengguna menjadi penjaga bagi dirinya sendiri dengan tidak sembarangan membagikan informasi pribadi di internet. Apalagi dengan kemudahan akses yang ada saat ini, potensi oknum dalam melancarkan kejahatannya menjadi semakin besar. Selalu jaga diri dengan menerapkan tips di atas saat kalian berselancar di dunia maya.

(Penulis: SIF Universitas Bakrie)
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)