Serba-serbi Politeknik Statistika STIS, Lulus Langsung Jadi CPNS

Minggu, 23 Januari 2022 - 12:42 WIB
loading...
A A A
2. D-IV Statistika
Total SKS mata kuliah yang harus dipenuhi mahasiswa di prodi ini adalah 145 SKS dengan komposisi 40% teori dan 60% praktikum. Mata kuliah yang diajarkan terdiri dari mata kuliah wajib seperti Aljabar linier, Kalkulus hingga Analisis Data Eksploratif. Kemudian mata kuliah peminatan dibagi dua yaitu peminatan Statistika Ekonomi dan peminaan Statistika Sosial dan Kependudukan.

Mahasiswa Prodi D-IV Statistika berstatus ikatan dinas pada BPS sehingga semua lulusannya diangkat menjadi CPNS di lingkungan BPS dan siap ditempatkan di seluruh unit kerja BPS pusat, BPS provinsi maupun BPS kabupaten/kota.

Lulusannya adalah tenaga siap pakai bidang perencana survei/ sensus, pengolahan data hasil survei/ sensus, dan analisis statistik. Mereka ahli statistika yang mampu merancang kegiatan survei yang efisien di bidang ekonomi, sosial dan kependudukan dengan menerapkan metode sampling yang tepat untuk keperluan estimasi populasi.

3. Prodi D-IV Komputasi Statistik
Mahasiswa yang diterima pada Prodi D-IV Komputasi Statistika akan mempelajari pengetahuan jaringan dan pemrograman komputer serta pengolahan data dengan mengombinasikan metode statistik dan algoritma data mining.

Konten dan kedalaman kurikulum mengacu kepada KKNI, dimana lulusan memiliki kualifikasi level 6 untuk pendidikan vokasi. Untuk itu, konten kurikulum disesuaikan agar mengandung unsur praktikum/penerapan yang lebih besar. Jumlah SKS untuk kelulusan paling sedikit 144.

Mahasiswa Prodi D-IV Komputasi Statistik juga akan berstatus ikatan dinas pada BPS sehingga setelah lulus akan diangkat menjadi CPNS di BPS dan akan ditempatkan di seluruh unit kerja BPS baik di pusat, BPS provinsi maupun BPS kabupaten/kota atau akan ditempatkan di kementerian/lembaga lain sesuai dengan penempatannya setelah lulus.

Lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik memiliki keunggulan dalam bidang komputasi statistik yang meliputi official statistics, aplikasi statistik, penerapan teknologi informasi, dan juga pengembangan sistem informasi statistik.

Umumnya lulusan Prodi D-IV Komputasi Statistik ditempatkan pada bagian Integrasi dan Pengolahan Data Statistik (IPDS) yang membutuhkan sumber daya manusia dengan kemampuan pengoperasian perangkat teknologi informasi dan komunikasi.



Terkait dengan pola ikatan dinas, mengutip laman spmb.stis.ac.id, pada 2021 lalu Politeknik Statistika STIS membuka mahasiswa baru dengan status ikatan dinas sebanyak 600 orang. Selama masa pendidikan, mahasiswa pun akan dibebaskan dari biaya pendidikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)