Orang Tua Wajib Tahu, Pentingnya Perencanaan Keuangan untuk Pendidikan Anak

Sabtu, 12 Februari 2022 - 00:33 WIB
loading...
A A A
Berikut ini disampaikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat perencanaan keuangan untuk pendidikan anak, yaitu :

1. Lakukan perencanaan dana pendidikan anak sejak dini
Ketika berkeluarga, sebaiknya sejak dini orang tua sudah mulai merencanakan biaya untuk pendidikan anak-anaknya kelak, sekali pun belum memiliki anak. Karena, jika orang tua atau calon orang tua tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk sekolah anak-anaknya, maka mereka sudah melakukan kesalahan fatal dan akan menjadi masalah berat di masa mendatang.

Orang tua atau calon orang tua juga harus mulai menghitung sesuai kenaikan biaya pendidikan per tahunnya dan mau disekolahkan di mana anak-anaknya kelak. Adanya kenaikan biaya sekolah setiap tahunnya tentu harus menjadi perhatian bagi orang tua.

Terlebih apabila orang tua ingin menyekolahkan anak di sekolah swasta yang favorit atau bahkan sekolah di luar negeri. Karena selain biaya yang lebih tinggi, biaya hidup di luar negeri juga tidak sedikit, misalkan dana untuk menyewa tempat tinggal dan kebutuhan hidup sehari-hari. Belum lagi pertimbangan adanya kenaikan biaya pendidikan di sana.

2. Hitung alokasi biaya pendidikan
Lakukan survei di sekolah-sekolah yang diidamkan untuk mengetahui kisaran besarnya alokasi biaya pendidikan yang perlu disiapkan, ditambah dengan alokasi kenaikan biaya sebesar 10%-20% per tahun. Kemudian sesuaikan biaya pendidikan anak dengan besarnya jumlah pendapatan orang tuanya.

Sebagai contoh misalnya biaya masuk TK tahun ini diperkirakan sebesar Rp5 Juta, dengan asumsi kenaikan biaya sebesar 15% per tahun, maka untuk 3 tahun mendatang besaran biaya masuk TK akan menjadi sebesar: (5 x (1+ 0.15)3) = Rp7.604.375. Jika anak akan masuk TK 3 tahun lagi, maka mulai saat ini orang tua perlu menabung sebesar Rp2.534.792 per tahun atau Rp211.233 per bulan.

Ke dalam biaya tersebut belum termasuk uang SPP, uang bangunan (kalau ada), uang seragam, dan uang buku. Alokasi biaya yang sama, juga lakukan ketika akan masuk SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

3. Buat Daftar Estimasi Kebutuhan Biaya Lain
Biaya pendidikan tidak terbatas hanya pada biaya masuk sekolah dan iuran bulanan (SPP), namun masih ada biaya-biaya lain di luar kegiatan sekolah, misalnya saja seperti biaya buku pelajaran tambahan, seragam dan biaya les.

Maka pihak orang tua juga perlu memikirkan biaya-biaya yang dibutuhkan untuk mengasah bakat sang anak nanti. Misalnya saja jika anak kita memiliki bakat dalam bidang musik, tentu orang tua perlu memberinya instrumen musik untuk berlatih. Meski belum bisa menentukannya secara spesifik, setidaknya orang tua perlu mempersiapkan anggarannya dan memasukkannya ke dalam rencana biaya pendidikan anak.

4. Cermati pilihan investasi
Saat ini banyak sekali pilihan produk investasi yang ditawarkan oleh berbagai institusi keuangan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Maka pilihlah produk investasi sesuai dengan kemampuan dan anggaran yang tersedia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6912 seconds (0.1#10.140)