Melalui IISMA dan IIVOSMA, Pemerintah Fasilitasi Mahasiswa ke Kampus Terbaik Dunia

Rabu, 23 Februari 2022 - 19:46 WIB
loading...
A A A
“UCD memiliki peran kunci dalam ekosistem inovasi Irlandia, menjadi enabler pertumbuhan dan menjadi kontributor dalam pembangunan ekonomi, sosial, dan budaya. Kampus ini dilengkapi dengan innovation park, tempat berinteraksinya aktor-aktor inovasi,” jelasnya.

“Harapannya, kampus-kampus atau institusi riset di tanah air dapat proaktif memanfaatkan peluang kerjasama dengan UCD,” harap Khairul.

Pada kesempatan terpisah, delegasi Atdikbud KBRI London juga bertemu dengan pengelola National Concert Hall (NCH), suatu balai kesenian Irlandia.

Diterima oleh Chief Executive Officer (CEO) Robert Read, delegasi membicarakan beberapa inisiatif kerja sama pemajuan kebudayaan Indonesia, khususnya musik gamelan.

“NCH memiliki seperangkat gamelan lengkap, yang diberi nama Kiai Jati Roso. Gamelan ini dihibahkan Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tahun 2014, dan dikirimkan langsung dari Yogyakarta,” terangnya.

Seiring berjalannya waktu, Kiai Jati Roso kini semakin menghubungkan Indonesia dan Irlandia. “Banyak masyarakat lokal yang berminat belajar dan menikmati memainkan gamelan,” katanya.

Di bawah kepimpinan Peter Moran, seorang intelektual dan pendidik musik, gamelan semakin dikenal luas di Irlandia. Grup yang dipimpin Peter sudah manggung di berbagai tempat, bahkan di Indonesia.

“Geliat gamelan di Irlandia yang sempat terganggu karena pandemi, diharapkan segera berdenyut kembali. Semoga,” pungkas Atdikbud Khairul.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2204 seconds (0.1#10.140)