Pelajar, Ini Cara Ampuh Menguasai Materi UTBK SBMPTN 2022

Sabtu, 09 April 2022 - 03:01 WIB
loading...
A A A
Misalnya, saat kalian merangkum materi UTBK 2022, coba kalian tanyakan kembali ke diri kalian apakah rangkuman kalian tersebut sudah menjawab konsep seputar materi UTBK 2022 yang penting atau belum? Kalau suatu saat kalian lupa konsep materi UTBK 2022, apakah rangkuman kalian dapat membantu kamu mengingat kembali konsep materi tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas dapat mengaktifkan mental belajar kalian saat melakukan persiapan UTBK SBMPTN. Kalau mental belajar kalian sudah terbiasa aktif, kalian dapat menemukan cara untuk membuat rangkuman materi-materi UTBK 2022 sesuai dengan kompetensi dasar yang dibutuhkan saat UTBK 2022 nanti.

Kunci penting untuk menjaga mental kalian aktif saat belajar persiapan UTBK SBMPTN adalah kalian harus benar-benar memahami materi UTBK 2022 yang sedang kalian pelajari.

Jadi, kalian tidak hanya menghapal materi tersebut saja, tetapi kalian juga paham bagaimana cara mengaitkan materi tersebut ke dalam kehidupan sehari-hari kalian. Kalau kalian sudah bisa menerapkan cara belajar aktif secara mental, kalian akan lebih mudah menguasai materi UTBK 2022.

2. Perbanyak Pengerjaan Latihan Soal UTBK 2022

Saat UTBK 2022 nanti, yang diuji adalah kemampuan memori kalian. Namun, bukan hanya sekadar memori mengenai definisi suatu konsep materi saja, melainkan juga cara menerapkan konsep materi tersebut.

Oleh karena itu, agar mental dan pikiran kalian lebih menguasai materi UTBK 2022 yang sedang kalian pelajari, kalian harus rajin mengerjakan latihan soal-soal UTBK.

Sebaiknya saat kalian mengerjakan latihan soal UTBK, kalian jangan melihat dulu pembahasan soal tersebut. Cara belajar ini bertujuan agar kalian tahu, apakah kira-kira jaringan syaraf kamu sudah saling terhubung atau belum saat kalian mencoba memahami soal yang sedang kalian kerjakan.

Tanpa kalian melihat pembahasan soal tersebut, apakah kalian dapat mengasah cara berpikir untuk menghubungkan ide-ide dalam menemukan jawaban yang benar.

Jadi, kalau kalian salah menjawab soal, hal ini sama sekali tidak masalah. Justru dari kesalahan menjawab soal tersebut, biasanya kalian jadi lebih mudah belajar. Kalian bukan hanya tahu jawaban yang benarnya saja, tetapi juga pernah merasakan tersesat atau salahnya. Jadi, saat UTBK 2022 sesungguhnya nanti, kalian tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)