Dies Natalis UISI ke-9, Mengukir untuk Negeri

Kamis, 12 Mei 2022 - 11:45 WIB
loading...
Dies Natalis UISI ke-9, Mengukir untuk Negeri
Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) telah resmi berusia 9 tahun pada 2022 ini.
A A A
GRESIK - Sejak kelahirannya pada 11 Mei 2013 dengan nama Sekolah Tinggi Manajemen Semen Indonesia, kini Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) telah resmi berusia 9 tahun pada 2022 ini. Berbagai kontribusi telah diberikan untuk negeri selama 9 tahun. UISI berkomitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik untuk negeri. Berbagai strategi telah disiapkan seperti pembangunan fasilitas baru: virtual lab, co working space wiragraha, dan lab bisnis kampus C dan penyiapan pembukaan program studi S1 Pendidikan Kedokteran.

“Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) akan memperingati dan merayakan dies natalis ke-9,” papar Prof. Dr.Ing. Herman Sasongko, Rektor UISI. Herman berharap UISI dapat terus berkontribusi dan memberikan manfaatnya bagi bangsa dan masyarakat, baik dalam pendidikan, riset, dan pengabdian masyarakat.

Selama dua tahun kondisi pandemi, kegiatan perkuliahan dilakukan secara daring. Namun UISI terus berprogres dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. “UISI melesat ke peringkat 53 dari 101 di bidang kemahasiswaan secara nasional di tahun 2021,” jelas Herman.

Pemeringkatan bidang kemahasiswaan dilakukan secara nasional oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Kemenristek DIKTI. Tahun ini UISI berhasil menembus peringkat tiga di antara kampus Liga 3. Peningkatan peringkat ini juga dibuktikan dengan naiknya kualitas bidang kemahasiswaan di UISI. "Di tahun ini, jumlah prestasi mahasiswa di ajang nasional & internasional bergengsi semakin naik," papar Herman.

UISI meraih berbagai prestasi nasional misalnya yang baru-baru ini adalah juara di ajang KMI awards dan juara 1 Moonsoonsim internasional. Faktor berikutnya adalah UISI aktif dalam kegiatan Kampus Merdeka, utamanya dalam hal magang dan pengabdian masyarakat.

Dies Natalis UISI ke-9, Mengukir untuk Negeri


“Selama pandemi, UISI telah bersiap membangun fasilitas baru untuk menyambut perkuliahan tatap muka seperti lab virtual, co working wiragraha dan lab bisnis di kampus C,” papar Herman. Lab virtual berada di kampus B dan berfungsi sebagai pusat simulasi industry. Co working space berada di Gedung baru Wiragraha berfungsi sebagai pusat training. Lab bisnis di kampus C berfungsi untuk mewadahi kreatifitas mahasiswa dalam mengolah produk dari raw material sampai memasarkannya.

“UISI akan membuka program studi S1 Kedokteran, bekerjasama dengan Rumah Sakit Semen Gresik,” ungkap Wakil Rektor II, Dr. Leo Herlambang. Saat ini, UISI telah mempersiapkan pengajar, fasilitas, dan legalitas untuk pembukaan prodi kedokteran ini.

“Pada bidang riset dan pengabdian masyarakat, hibah yang diterima UISI naik 230% di tahun 2021,” ungkap Wakil Rektor I, Prof. Fahimah Martak. UISI juga diproyeksikan untuk mendapatkan hibah Kampus Merdeka Merdeka Belajar dari Kemendikbud dengan total proyek mencapai 1.7 Milyar. “Tahun ini, UISI juga dipercaya menjadi tuan rumah kompetisi nasional dari Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud yaitu Kompetisi Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK),” ungkap Fahimah. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2751 seconds (0.1#10.140)