5 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Luas di Industri Kreatif

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:24 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Dibuka Hari Ini

Jurusan ini juga memiliki berbagai macam ilmu turunan yang erat kaitannya dengan industri kreatif, seperti Public Relation (PR), Periklanan (Advertising), Jurnalistik dan sebagainya. Itulah sebabnya lulusan jurusan ini punya prospek kerja sangat luas di industri kreatif.

3. Broadcasting

Tertarik dengan industri penyiaran (broadcasting)? Kamu bisa masuk ke jurusan yang satu ini. Di sini, kamu akan mempelajari cara menciptakan sebuah ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan pada masyarakat. Nantinya, lulusan jurusan ini gak selalu bakal tampil di layar, tapi juga bisa menjadi kru di balik layar sebuah program.

4. Televisi dan Film

Ingin menjadi sineas (filmmaker)? Dalam program studi Televisi dan Film, tentu kalian akan mempelajari cara membuat film dan program televisi. Mulai dari menulis skrip, menata kamera, membuat storyboard, menjadi sutradara dan produser hingga menyunting video bakal dipelajari lebih detail dalam program studi ini.

Nantinya, lulusan jurusan ini bisa menjadi sineas. Tak hanya sutradara atau produser, tapi juga kru di balik layar sebuah film, mulai dari penata kamera, penata cahaya, penulis skenario, dan sebagainya. Selain itu, kalian bisa bekerja di sektor kreatif lain, seperti periklanan.

5. Seni Rupa

Kalau mengambil jurusan ini, kalian bakal mempelajari sejarah seni rupa serta berbagai teori, sosiologi dan manajemen seni rupa. Tentu saja, kalian akan banyak melakukan praktik untuk menciptakan karya seni, seperti gambar, lukisan, pahatan, patung dan sebagainya. Selain itu, kalian juga bisa menjadi peninjau/kritikus/pengulas seni rupa. Hal tersebut juga akan dipelajari jika mengambil jurusan ini.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2032 seconds (0.1#10.140)