10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Senin, 06 Juni 2022 - 23:31 WIB
loading...
A A A
4. Universitas Padjadjaran
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Universitas favorit untuk Jurusan HI lainnya dapat kalian temukan di Bandung, Jawa Barat. Jurusan HI Universitas Padjajaran (Unpad) lebih dulu mengantongi nilai akreditasi A dari BAN-PT, yakni pada 2011.

Hubungan Internasional juga termasuk sebagai salah satu jurusan favorit yang selalu ramai pendaftar tiap pelaksanaan SBMPTN dan Ujian Mandiri. Dibanding universitas negeri sebelumnya, Universitas Padjajaran menyediakan kuota HI yang lebih besar pada jalur SNMPTN 2022 yakni 36 kursi dan SBMPTN sebanyak 48 kursi.

5. Universitas Jenderal Soedirman
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Dari daerah Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, ada satu kampus yang membuka pembelajaran untuk jurusan HI, yaitu Universitas Jendral Soedirman (Unsoed). Unsoed berada pada peringkat ke-36 dari 577 perguruan tinggi yang ada di Indonesia dalam versi 4ICU.

Untuk prospek masa depan, alumnus jurusan HI bukan hanya berpeluang menjadi diplomat saja. Alumnus HI memiliki peluang untuk menjadi negosiator, penerjemah, wiraswasta, international officer, wartawan, dan masih banyak lagi.

6. Universitas Jember
10 Universitas dengan Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Tahukah kamu kalau Universitas Jember adalah perguruan tinggi terbesar di Jawa Timur? Kampus yang berlokasi di Kabupaten Jember ini masuk dalam daftar pemilik Jurusan HI terbaik di Indonesia. Universitas Jember atau yang lebih sering disebut Unej, menyediakan kuota cukup banyak untuk Jurusan HI yakni 45 kursi untuk jalur SNMPTN dan 75 kursi untuk jalur SBMPTN 2022.

7. Universitas Riau

Tak hanya di Pulau Jawa saja, Universitas Riau di Provinsi Riau juga memiliki Jurusan HI yang masuk daftar unggulan. Jurusan ini bahkan sudah mendapat nilai akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2013. Bagi kamu yang berada di wilayah Riau dan ingin mengambil Prodi HI di Unri, pada SBMPTN 2022 ini disediakan daya tampung sebanyak 80 kursi.

8. Universitas Katolik Parahyangan

Selain universitas negeri, Jurusan HI di beberapa universitas swasta juga masuk daftar unggulan. Salah satunya saja ada Universitas Katolik Parahyangan yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dewi ‘Dee’ Lestari, penulis moncer kebanggaan Indonesia, juga pernah mengenyam studi S1 Hubungan Internasional di sana. Universitas Katolik Parahyangan juga cukup berprestasi karena sering menang dalam kejuaraan-kejuaraan terkait Jurusan HI.

9. Universitas Pasundan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2402 seconds (0.1#10.140)