Ini 10 Tokoh Islam yang Berkontribusi di Bidang Matematika

Jum'at, 24 Juni 2022 - 18:41 WIB
loading...
A A A
Pada ilmu geometri, ia memberikan kontribusi signifikan bagi pemecahan soal geometri dengan kompas. Ia juga mengajukan beberapa rumus penting dalam trigonometri. Selain itu, ia adalah orang pertama yang menunjukkan adanya teori relatif segitiga parabola.

Banyak buku serta karya ilmiah yang dihasilkannya. Karyanya dalam bentuk karya ilmiah antara lain Kitab Ilm al-Hisab (Buku Praktis Aritmatika). Al Buzjani meninggal dunia di Baghdad pada 997 M.

3. Khusiyar Ibn Laban

Khusiyar Ibn Laban lahir di desa Gilan yang terletak di selatan laut Kaspia pada 971 M. Khusiyar bin Laban merupakan tokoh Islam di bidang matematika. Ia dikenal sebagai mahaguru kalkulus serta pengilham revolusi komputasi.

Karya unggulannya adalah Kitab Ushul Hisab Al Hind yang memuat deskripsi tentang perhitungan model India di mana sistem numerasi berdasarkan posisi. Sistem itu yang mengilhami revolusi dalam hal cara atau metode komputasi di kawasan timur.

4. Al Karaji

Tokoh Islam di bidang matematika ini bernama lengkap Abu Bakar bin Muhammad bin Al Husain Al Karaji lahir di Karajatau Karkh pada 953 M. Al Karaji adalah ilmuwan matematika asal Persia yang menulis teori pencabutan akar atau dikenal dengan kalkulus mental.

Karyanya yang berjudul Al Badi’fi al Hisab berisi teori pencabutan akar kuadrat dari sebuah polinomial dengan suatu bilangan yang tidak diketahui. Sementara bukunya yang berjudul Al Kafi’fi Al Aisab membahas proses kalkulus mental yang disebut Al Hawa’i.

5. Al Jauhary

Al Jauhary adalah seorang ahli matematika pada abad ke-9 M. Ia dikenal sebagai seorang ahli geometri yang bekerja di Bayt al Hikmah (House of Wisdom), suatu lembaga ilmu pengetahuan yang dibangun Khalifah Al Ma'mun dari dinasti Abbasiyah di baghdad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2458 seconds (0.1#10.140)