Ini Cara Menurunkan Kolesterol dari Pakar Nutrisi dan Pangan Unika Soegijapranata

Minggu, 10 Juli 2022 - 07:39 WIB
loading...
Ini Cara Menurunkan Kolesterol dari Pakar Nutrisi dan Pangan Unika Soegijapranata
Sejumlah makanan penurun kolesterol. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Biasanya, saat Hari Raya Idul Adha banyak umat muslim yang mengonsumsi daging sapi maupun daging kambing. Namun perlu diingat agar mengonsumsi daging sapi agar tidak berlebihan. Sebab, jika terlalu banyak maka kadar kolesterol menjadi naik.

Ini karena daging mengandung banyak lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kolesterol naik maka dapat memicu beragam penyakit.



Terkait kolesterol, Dosen Nutrisi dan Pangan Fungsional Program Studi Teknologi Pangan, Unika Soegijapranata Semarang, Meiliana, S.Gz., MS., memberikan penjelasan.

Untuk bisa menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, diperlukan kesadaran dan kemampuan mendeteksi rasa lapar dan kenyang.

"Akan tetapi, sadar saja tidak cukup. Beranilah untuk berkata tidak. Ini bukanlah hal yang mudah," ujar Meiliana dikutip dari laman Unika Soegijapranata, Minggu (10/7/2022).



Selain porsi, jenis makanan yang dicicipi juga berperan penting terhadap jumlah kalori yang masuk ke tubuh kita.

Menurut Meiliana, menghindari minuman manis, dessert, dan highly processed food yang mengandung banyak gula sederhana, sodium, dan lemak adalah cara jitu yang bisa dicoba.

Dia juga menyarankan untuk memilih minuman seperti air putih atau teh tawar daripada teh manis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)