Unpad Tambah 13 Guru Besar Baru, Ini Profilnya

Jum'at, 29 Juli 2022 - 15:24 WIB
loading...
A A A
Prof. Atiek Rostika Noviyanti diangkat sebagai Guru Besar bidang Ilmu Kimia Anorganik pada Fakultas MIPA. Bidang riset Prof. Atiek mengenai rekayasa material/material fungsional.

Berbagai material limbah atau material yang dipandang tidak berfungsi dilakukan rekayasa sehingga menjadi material yang fungsional. Dari bidang ini, Prof. Atiek berfokus untuk meneliti tentang elektrolit.

Ia mengkaji bagaimana dari suatu proses kimia dapat menghasilkan listrik. Penelitian ini berperan penting dalam mendukung pengembangan energi baru terbarukan.

3. Prof. Dr. Ayi Bahtiar, M.Si

Prof. Ayi Bahtiar diangkat sebagai Guru Besar bidang Ilmu Fisika pada Fakultas MIPA. Riset yang dilakukan Prof. Ayi dalam 15 tahun terakhir ialah mengenai pengembangan solar cell pengganti silikon yang beredar di pasaran saat ini.

Selain itu, bersama tim, Prof. Ayi juga melakukan riset-riset yang menghasilkan produk aplikatif, seperti spray hydrophobic yang berperan melestarikan bangunan cagar budaya, serta penelitian rekayasa kuantum dot yang mampu mendeteksi kandungan pemutih dalam tepung di pasar dalam waktu singkat.

4. Prof. Dr. Eni Maryani, M.Si

Prof. Eni Maryani diangkat sebagai Guru Besar bidang Ilmu Komuikasi pada Fakultas Ilmu Komunikasi. Di bidang komunikasi, Prof. Eni mengembangkan kajian komunikasi media dan gender yang berfokus pada dua isu penting, yaitu media, serta gender dan komunikasi.

Pada kajian media, Prof. Eni mengembangkan kajian teknologi komunikasi informasi, salah satunya terkait ketimpangan akses arus informasi dalam konteks digitalisasi dan globalisasi.

Sementara untuk kajian gender dan komunikasi, Prof. Eni mengembangkan kajian tentang komunikasi sosial dan konten media yang melanggengkan konstruksi peran perempuan dan laki-laki yang tidak adil bagi perempuan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1515 seconds (10.101#12.26)