Keren! 5 Negara Ini Gratiskan Biaya Kuliah untuk Rakyat dan Mahasiswa Asing, Tertarik?

Minggu, 21 Agustus 2022 - 23:02 WIB
loading...
A A A
Adapun pilihan universitas dengan biaya kuliah gratis di Slovenia adalah University of Maribor, University of Ljubljana, dan University of Nova Gorica.

4. Jerman

Mereka yang berasal dari Jerman, Eropa, atau bahkan merupakan orang non-Eropa, semuanya dapat belajar di Jerman secara gratis.

Namun perlu pendalaman lagi mengenai makna kata “gratis.” Gratis di sini memiliki artian tidak dikenai biaya kelas sehingga wajib bagi mahasiswa tetap membayar biaya administrasi.

Hal ini hampir berlaku untuk semua program studi di perguruan tinggi negeri. Biaya tersebut umumnya dikenal sebagai kontribusi semester yang dibayarkan di awal semester.

Nominalnya tergantung dari masing-masing universitas, namun biasanya ada pada kisaran antara 150-250 Euro/semester.

Ada banyak perguruan tinggi yang menawarkan pendidikan gratis untuk mahasiswa internasional. Di antaranya adalah Technical University of Munich, Ludwig Maximilian University of Munich, Humboldt University of Berlin, University of Hamburg, Free University of Berlin, RWTH Aachen University, University of Mannheim, dan University of Cologne.

5. Swedia

Sebagian besar universitas di Swedia memberikan pendidikan secara gratis untuk warga negara EU/EEA (Uni Eropa/Area Ekonomi Eropa) dan Swiss.

Sedangkan bagi mahasiswa non EU/EEA ada kewajiban untuk membayar biaya kuliah tergantung dengan universitas dan disiplin ilmu yang dipilih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)